Bohong Soal Whatsapp, Facebook Didenda Rp1,6 Triliun

Logo Facebook

Arah -  Facebook baru saja didenda sebesar 110 juta Euro atau sekitar Rp 1,6 triliun oleh European Commission, sebuah lembaga pengawas persaingan pasar di Uni Eropa.

Denda itu akibat Facebook berbohong soal proses akuisisi atas WhatsApp pada 2014 lalu.

Dalam review akuisisi itu, Facebook mengatakan pihaknya tidak akan menggabungkan data pengguna dengan Whatsapp, yang pengguna sudah mencapai lebih dari satu miliar, dikutip Business Insider, Sabtu (20/5).

Namun, dua tahun setelah akusisi itu, tepatnya Agustus 2016, Facebook mengumumkan akan membagikan data pengguna Whatsapp ke Facebook, termasuk nomor telepon dan hasil analisisnya.

Tentunya, data-data tersebut memberikan keuntungan bagi Facebook dalam bersaing dengan pesaing-pesaing di bisnis iklan online.

European Commission mengklaim staf Facebook telah mengetahui tentang kemungkinan perusahaannya mengintegrasikan akun Facebook dan WhatsApp, namun tak menyebutkannya pada komisi.

Baca Juga: Janji Menkominfo Seluruh Indonesia Terkoneksi Internet Cepat 2019
Bocor, Moto Z2 Force Dipasang Dual Kamera?
Xiaomi Mi Max 2 Dirilis 25 Mei, Harganya Diperkirakan Rp3 Jutaan

Margrethe Vestager Komisioner European Commission mengatakan keputusan denda tersebut diambil agar perusahaan mematuhi semua peraturan yang ada di European Commission. Termasuk memberikan informasi yang sebenarnya pada komisi.

"Denda pada Facebook bertujuan agar perusahaan jera. Komisi harus mengambil keputusan mengenai efek dari penggabungan dua perusahaan pada kompetisi pasar," kata Vestager.

Dalam pernyataan resminya, Facebook mengatakan tidak akan mengajukan banding, karena berniat untuk kooperatif. Kesalahan review data pengguna Facebook dan Whatsapp bukan upaya dari berbohong.

"Pengajuan review di tahun 2014 itu error. Tidak disengaja," tulis Facebook.

Namun, jumlah denda Rp1,6 triliun sebenarnya tidak seberapa bagi Facebook. Pendapatan Facebook dari iklan onlinenya diperkirakan mencapai miliar dolar AS per tahun.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Facebook Sebar 10 Tips Kenali Berita Hoax, Kamu Wajib Tahu! Facebook Sebar 10 Tips Kenali Berita Hoax, Kamu Wajib Tahu!
Dicurigai Mencontek, Ternyata yang Dilakukan Siswa Ini Bikin Haru Dicurigai Mencontek, Ternyata yang Dilakukan Siswa Ini Bikin Haru
Facebook Bakal Hadirkan Tayangan Televisi di Platform-nya Facebook Bakal Hadirkan Tayangan Televisi di Platform-nya

#Jakarta #Facebook #WhatsApp #akuisisi #Berita terkini #Pengawasan Persaingan Usaha

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar