Rini Singgung BUMN yang Cari Untung Tanpa Peduli Rakyat

Menteri BUMN Rini Sumarno (kiri) berbincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah) dan Dirjen Pajak, Ken Dwijugiasteadi pada acara Sosialisasi Tax Amnesty atau pengampunan pajak di Bandung, Jawa Barat, senin (8/8). Presiden menyampaikan maksud dan tujuan diberlakukannya pengampunan pajak bagi semua wajib pajak yang ditargetkan mencapai pemasukan hingga Rp 165 triliun pada 2017. (Foto: Antara/Novrian Arbi)

Arah -  Menteri BUMN Rini Soermarno mengingatkan badan usaha milik negara (BUMN) tidak hanya mencari untung. Namun, mereka juga harus memberikan manfaat untuk kepentingan masyarakat.

"Saya ingin menekankan betul bahwa BUMN adalah perusahaan milik negara dan berarti milik rakyat, sehingga dalam menjalankan aktivitas juga harus memikirkan masyarakat," kata Rini kepada pers saat mengunjungi Pondok Pesantren Salafi Terpadu Darussifa Al-fitroh dan Perguruan Islam Yaspida di Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (21/5/2017).

Baca Juga: Ramai Gerakan 7 Juta Status Dukung Rizieq di Media Sosial
Juru Masak Bongkar Rahasia Dapur Jokowi

Hadir dalam acara penyerahan tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) itu antara lain Dirut PT PLN Sofyan Basir, Dirut Waskita Karya M. Choliq, serta Dirut PT KAI Edy Sukmoro. Ia mengatakan menteri saat BUMN harus bisa membagi aktivitas untuk kepentingan rakyat dan masyarakat luas, tapi pada saat yang sama juga harus mencari keuntungan sehingga dapat terus beroperasi secara baik.

"Tapi sekali lagi yang harus kita tekankan terus dalam mencari keuntungan adalah BUMN harus memikirkan masyarakat luas," jelasnya.

Terkait dengan pondok pesantren, Rini mengatakan BUMN akan terus mendukung pesantren dalam upaya menggerakkan dan memajukan perekonomian ulama dan santri menjadi lebih baik agar bisa lebih bersaing.

"BUMN adalah perusahaan milik negara yang berarti juga milik masyarakat sehingga harus bisa memberikan manfaat terhadap masyarakat termasuk pesantren," ujarnya.

Dikatakan Rini, BUMN yang Hadir Untuk Negeri memang memiliki tujuan ingin menggerakkan seluruh potensi BUMN mampu menggerakkan dan membantu perekonomian semua lini dan itu sudah menjadi komitmen pemerintah.

Sejumlah BUMN yang ingin dikembangkan dan didorong agar mampu maju perekonomiannya mengingat di situ memiliki berbagai potensi yang diyakini bisa lebih berkembang. Dikatakan, jika perekonomian pesantren bisa lebih maju dan berkembang maka santri dan santriwati bisa memiliki keahlian untuk menularkan kemampuannya kepada yang lain.

"Masih banyak masyarakat yang kurang beruntung mendapat kesempatan bekerja dan meraih pendidikan sehingga perlu bahu-membahu saling membantu," pungkasnya. (Antara)
 
Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

'Rumah Kreatif', Laboratorium BRI untuk Kembangkan UMKM 'Rumah Kreatif', Laboratorium BRI untuk Kembangkan UMKM
Ini Sosok Nakhoda Pertamina Pengganti Dwi Soetjipto Ini Sosok Nakhoda Pertamina Pengganti Dwi Soetjipto
Rini Soemarno: BUMN Siap Kuasai 51 Persen Saham Freeport Rini Soemarno: BUMN Siap Kuasai 51 Persen Saham Freeport

#Jakarta #Rini Soemarno #Menteri BUMN #perbankan #Pondok Pesantren

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar