Sejuk! Tambahan 1 Hektare Ruang Terbuka Hijau di Batam

Sejumlah anak bermain di Taman Menteng, Jakarta, Selasa (16/5). Pejabat Dinas Kehutanan DKI Jakarta mengatakan, minimnya Ruang Terbuka Hijau di Jakarta disebabkan tidak adanya lahan kosong akibat pembangunan gedung bertingkat yang semakin pesat. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/ama/17

Arah -  Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, berencana membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) baru seluas 1 hektare di Kecamatan Batam Kota sebagai hutan kota sekaligus tempat warga berkumpul.

Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pertamanan (Disperkimtam) Kota Batam Herman Rozie, menyatakan RTH atau taman kota itu akan berlokasi di sekitar pelebaran jalan dari Simpang BNI sampai ke simpang Vihara Maitreya Wira.

Taman kota itu dirancang memiliki berbagai fasilitas, antara lain area khusus untuk jogging, arena bermain anak, sarana olahraga, dan sebagainya.

Baca Juga: Aneh tapi Nyata! Sosok Ini Lewati Cermin Tanpa Bayangan
Sensasi Pedas Manis Jagung Bakar Legendaris di Kota Malang

Pemerintah merancang taman Kota dengan nuansa Melayu yang kental. Termasuk bangku-bangku taman yang didesain dengan kekhasan daerah.

Herman menjabarkan, desain taman mengadopsi empat motif khas, yaitu pucuk rebung, tampuk manggis, buih selasih, dan itik sekawan.

"Nuansa melayu yang paling utama adalah Tugu Tunjuk Langit. Tunjuk langit ini biasa terlihat pada bagian depan atap rumah masyarakat melayu Kepulauan Riau," tutur Herman dilansir Antara, Senin (22/5).

Tugu setinggi 20 meter tersebut akan dilengkapi dengan lampu berbagai warna untuk menambah keindahannya.

Pada taman itu, Pemkot juga membangun ruang pengelola yang dirancang menyerupai Gonggong, hewan laut spesifik Kepri yang juga menjadi kuliner khas setempat.

"Kami juga akan buat yang futuristik. Kami buat struktur berbentuk intan," ucap Herman.

Pemerintah memilih bentuk intan untuk menggambarkan Kota Batam yang istimewa dan memiliki nilai jual tinggi seperti intan.

"Saat ini pembangunannya sudah masuk lelang pengawas. Sudah mau masuk lelang fisik," ujarnya.

Pemerintah masih mempertimbangkan nama yang tepat untuk taman senilai Rp4 miliar itu.

"Kami masih menunggu masukan dari Lembaga Adat Melayu," kata Herman Rozie.

Video trending pilihan redaksi

Berita Terkait

Pulau Kecil di Perbatasan ini, Punya Nilai Ekonomi Dahsyat Pulau Kecil di Perbatasan ini, Punya Nilai Ekonomi Dahsyat
Masjid Agung Batam Akan Jadi Masjid Terbesar di Pulau Sumatera Masjid Agung Batam Akan Jadi Masjid Terbesar di Pulau Sumatera
Survei Poltracking: Ahok Tetap Sandang Predikat Cagub Ter... Survei Poltracking: Ahok Tetap Sandang Predikat Cagub Ter...

#Jakarta #Ruang Terbuka Hijau (RTH) #Batam #Kepulauan Riau #Hutan Kota

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar