Benarkah Sinar Matahari Pengaruhi 'Mood' Seseorang?

ilustrasi sinar matahari (shutterstock).

Arah -Benarkah sinar matahari bisa membuat bahagia? Baru-baru ini, sebuah studi dari Universitas Brigham Young telah mengungkapkan bahwa jumlah waktu antara matahari terbit dan terbenam dapat mempengaruhi suasana hati semua orang, bahkan lebih dari beberapa faktor seperti suhu, polusi dan hujan.

Periset juga menyelidiki bagaimana perasaan seseorang terhubung dengan cuaca dan faktor yang terkait. Menurut siaran pers dari BYU, tim tersebut menemukan orang-orang yang melaporkan lebih banyak mengalami tekanan mental, namun bisa berkurang di bawah sinar matahari. Adapun hasil penelitian menunjukkan, siang hari yang panjang lebih berpengaruh dalam mempengaruhi suasana hati orang daripada jumlah sinar matahari yang sebenarnya diserap.

Baca Juga: Fakta! Wanita Muslim Berpendidikan Kini Lebih Banyak dari Pria
Seperti Apa Komunitas Muslim Indonesia Di Inggris?

Kesimpulan ini pun dicapai peneliti setelah memeriksa data meteorologi dari university's Physics and Astronomy Weather Station dan data polusi dari U.S. Environmental Protection Agency. Mereka juga membandingkan cuaca dengan kesehatan mental pasien di Pusat Pelayanan Konseling dan Psikologi Brigham Young.

"Itu adalah salah satu hasil penelitian kami yang mengejutkan," kata penulis studi Mark Beecher dalam siaran persnya, dikutip dari medicaldaily.

"Pada suatu hari hujan, atau hari yang lebih tercemar, orang beranggapan bahwa mereka akan lebih tertekan. Tapi kami tidak melihat itu. Kami melihat radiasi matahari atau jumlah sinar matahari yang benar-benar menyentuh tanah. Kami mencoba memperhitungkan hari berawan, hari hujan dan polusi. Satu hal yang benar-benar penting adalah waktu antara matahari terbit dan terbenam."

Selain itu, belum lama ini beberapa penelitian lain juga telah mencoba untuk melihat efek cuaca pada suasana hati, namun hasilnya pun sangat beragam.

Tetap pantau informasi gaya hidup terbaru, hanya di arah.com

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup Kapolda Metro Sebut Saksi Kasus Palu Arit Rizieq Sudah Cukup
Blusukan Dipercaya Lebih Pikat Masyarakat ketimbang Hasil Survei Blusukan Dipercaya Lebih Pikat Masyarakat ketimbang Hasil Survei
Pasar Senen Kebakaran, Puluhan Mobil Pemadam Dikerahkan Pasar Senen Kebakaran, Puluhan Mobil Pemadam Dikerahkan

#Jakarta #sinar matahari #Matahari #Matahari Terbit #Cuaca #Suasana Hati

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar