11 WNI di Marawi Bertujuan untuk Berdakwah

Salah satu Warga Negara Indonesia (WNI) yang dideportasi mengintip dari jendela saat kunjungan Mensos Khofifah Indar Parawansa di RPSA Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (6/2). Mensos bertemu dengan 75 WNI yang dideportasi karena diduga bergabung dengan ISIS. (ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya)

Arah -  Pemerintah Indonesia sedang berupaya memulangkan kembali ke Tanah Air 11 WNI yang kini berada di Kota Marawi, Filipina. Demikian yang diungkapkan Kadivhumas Polri Irjen Polisi Setyo Wasisto.

"Sekarang sedang diupayakan supaya bisa segera dipulangkan ke Tanah Air," kata Irjen Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Senin (29/5).

Diberitakan Antara, Setyo mengatakan berdasarkan data Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Davao dan Atase Polri di Filipina, diketahui bahwa para WNI tersebut masuk ke Filipina secara legal dengan tujuan berdakwah dan tidak terkait dengan kelompok teroris ISIS.

Baca Juga: Nyadran, Harmoni di Kaki Merapi dan Merbabu
Bos Snapchat Nikahi Supermodel Miranda Kerr

"Mereka masuk ke Filipina secara legal. Mereka izinnya berdakwah dan tidak tergabung dalam kelompok yang sekarang bertempur," katanya.

Pihaknya memastikan kondisi para WNI tersebut baik pascaperistiwa baku tembak antara militer Filipina dengan kelompok bersenjata di Marawi.

"Sebelas WNI ini dalam kondisi baik," ujarnya.

Saat ini, ISIS sedang membangun basis kekuatan di Marawi, Filipina untuk menguasai wilayah Asia Tenggara.

Sejak Selasa (23/5), Presiden Filipina Rodrigo Duterte memberlakukan darurat militer di Mindanao, pulau terbesar kedua di negara itu, untuk menghentikan penyebaran Islam radikal.

Baku tembak terjadi ketika polisi dan tentara berupaya menangkap pemimpin kelompok Abu Sayyaf, Isnilon Hapilon. Kemudian kelompok bersenjata Maute yang pro ISIS menanggapi rencana penangkapan tersebut dengan menyerbu Kota Marawi.

Video trending pilihan redaksi

----

Berita Terkait

Tiga WNI Diduga Diculik Kelompok Bersenjata Filipina Tiga WNI Diduga Diculik Kelompok Bersenjata Filipina
16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki 16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki
Ini Kata Kemenlu Soal Kondisi WNI Pasca Teror di Filipina Ini Kata Kemenlu Soal Kondisi WNI Pasca Teror di Filipina

#Jakarta #Presiden Filipina Rodrigo Duterte #Filipina #Kelompok Bersenjata #Warga Negara Indonesia (WNI)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar