Musim Mudik, Kereta Api di China Angkut 44,6 Juta Pemudik

Calon penumpang menunggu kedatangan kereta api di Peron 1 Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (4/7). PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyiapkan enam kereta api tambahan yang akan beroperasi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2016. (Foto: Antara/Aprillio Akbar)

Arah -  Tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia. Pada hari raya atau musim festival tertentu, orang-orang di China juga melakukan mudik.

Sebanyak 44,6 juta pemudik dan wisatawan menggunakan moda transportasi kereta api selama musim libur Festival Perahu Naga yang dimulai sejak Sabtu (27/5), demikian pernyataan Perusahaan Kereta Api China (CRA).

Angka itu menunjukkan peningkatan 10,5 persen dibandingkan musim yang sama pada tahun lalu, demikian CRA di Beijing sebagaimana dikutip China Daily dan diberitakan Antara. Pada hari pertama kepadatan, Sabtu (27/5), jumlah penumpang kereta api di daratan Tiongkok itu telah mencapai angka 10,35 juta orang atau naik 6,4 persen dibandingkan dengan musim yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi Unggah Video Ini
Siklon Mora Hantam Kamp Pengungsi Muslim Rohingnya di Bangladesh

Kemudian pada Minggu (28/5), jumlah penumpang menembus angka 12,1 juta orang dan CRA memperkirakan hari itu sebagai puncak musim libur selama empat hari tersebut.

Pada Senin (29/5), operator kereta api nasional tersebut memperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan angkutan transportasi massal itu lebih dari sembilan juta orang.

Berdasarkan data penjualan tiket yang dihimpun CRA, sejumlah stasiun di China dipadati para pemudik, di antaranya Beijing, Shanghai, Xi'an, dan Qingdao.

Namun, hampir separuh perjalanan tersebut dilaksanakan oleh kantor daerah operasi Beijing, Shanghai, dan Guangzhou.

Liu Sufang, warga Provinsi Hebei yang tinggal di Beijing, bersama anaknya yang berusia lima tahun menggunakan kereta peluru dari Beijing menuju Shijiazhuang untuk mengunjungi orang tuanya, Sabtu (27/5).

"Biasanya saya membeli tiket menjelang keberangkatan pada akhir pekan. Namun, selama musim liburan ini saya membeli tiket sebulan sebelumnya agar mendapatkan tempat duduk terlebih dulu," ujar perempuan tersebut.

Bahkan dia harus berupaya keras untuk mendapatkan tiket kereta api cepat itu, meskipun Provinsi Hebei sangat dekat dengan Kota Beijing.

Zhang yang hendak melakukan perjalanan ke Tianjin dari Beijing bersama istrinya datang pagi-pagi ke stasiun, Minggu (28/5), agar mendapatkan tiket.

"Namun sebelum tengah hari semua tiket sudah habis," ucap pria itu.

CRA telah menambah 447 rangkaian kereta api ekstra pada Minggu (28/5) untuk memenuhi tingginya permintaan di seluruh daratan Tiongkok.

Salah satunya adalah Daerah Operasi Shenyang yang menambah kereta khusus wisata dari Kota Dandong ke Gunung Changbai.

Festival Perahu Naga merupakan tradisi masyarakat China untuk menandai masuknya musim panas.

Pada perayaan yang dikenal dengan sebutan "zhongxiaojie" atau "longchuanjie" itu selalu disemarakkan dengan balapan perahu naga.

"Bacang" merupakan makanan berbahan baku ketan yang di dalamnya berisi parutan kelapa, kacang kedelai, dan gula merah atau berbagai jenis daging-dagingan dan ikan yang wajib tersedia selama musim perayaan yang digelar mulai tanggal 5 bulan ke-5 sesuai penanggalan China tersebut.

Selama dua hari Festival Perahu Naga, sekolahan dan perkantoran di daratan China, Taiwan, Hong Kong, dan Makau diliburkan, termasuk KBRI Beijing.

Badan Pariwisata Nasional China memperkirakann bahwa selama Festival Perahu Naga tahun ini terdapat 80 juta kunjungan wisata yang bisa menghasilkan pendapatan senilai 33 miliar RMB (Rp64,3 triliun).

Beberapa objek wisata di negeri endemik panda tersebut yang menjadi favorit para wisatawan di antaranya Tierzhuang, Chengdu, Miluo, dan Sanya.

Video trending pilihan redaksi

----

Berita Terkait

Timses: Elektabiltas Ahok-Djarot Meningkat Tajam Setelah Sidang Timses: Elektabiltas Ahok-Djarot Meningkat Tajam Setelah Sidang
Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan Jelang Debat Cagub DKI, Ini yang Jadi Fokus Anies Baswedan
Sylvi Diperiksa Bareskrim, #SuperSylvi Curi Perhatian Netizen Sylvi Diperiksa Bareskrim, #SuperSylvi Curi Perhatian Netizen

#Jakarta #wisata china #Arus Mudik #hari raya

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar