Syahdunya Suasana Bulan Ramadhan di Ponpes Ar-Raudhatul Medan

Ilustrasi: Ribuan Santri Mengaji. (Foto: Antara/Ahmad Subaidi)

Arah -  Ada pemandangan yang menarik saat menjelang salat ashar di Pondok Pesantren (Ponpes) Ar-Raudhatul Hasanah, Jalan Setia Budi No 25, Paya Bundung, Medan.

Keunikan itu bisa dilihat dari para santri saat membaca alquran di masjid ponpes ini. Para santri dan santriwati yang berjumlah 3.200 melakukan tadarus setiap harinya di bulan Ramadhan.

Kegiatan tadarus ini dilakukan agar mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan sebagai bentuk silaturahmi antar santri dengan cara membentuk lingkaran. Hal itu dikatakan Ketua Ketua Organisasi Pesantren Ar-Raudhatul Hasanah, Farhan Nasution.

Baca Juga: Ramadan Asik: Lagi Susah, Jangan Bikin Orang Lain Susah
Bagi-bagi Bubur Samin, Tradisi Turun Temurun Sejak Ratusan Tahun

"Ya, ini kegiatan para santri selama di bulan puasa. Mereka sahur yang dilanjutkan salat. Kemudian mereka belajar, karena pukul 7.30 WIB sudah masuk kelas. Saat ini mereka lagi ujian. Setelah ujian mereka tadarus, lalu disambung salat zuhur," tutur Farhan kepada Arah.com, Kamis (1/6).

Biasanya para santri juga melakukan tadarus itu setelah dan sebelum zuhur. Namun karena saat ini sedang masa ujian, santri lebih diutamakan beristirahat agar tidak kelelahan.

Selama bulan puasa, santri tidak diberi target harus membaca Alquran seberapa banyak. Tergantung dari niat santri tersebut hendak khatam Alquran berapa kali dalam sebulan.
"Santri di sini membaca alquran tidak ada memakai target. Seperti tahun lalu, santri ada yang khatam Alquran sebanyak tiga hingga lima kali," ungkap Farhan.

Meski demikian, salah seorang santri tingkat Madrasah Tsanawiyah, mengaku justru semakin bersemangat mengaji agar sering khatam Alquran. Santri asal Aceh Tenggara, Kutacane, Ahmad Zais (14) mengatakan, kegiatan tadarus lebih intensif saat bulan Ramadan.

"Ya, kalau bulan puasa ini, lebih sering baca Alquran. Alhamdulillah, waktu luang kami dipakai untuk tadarus," tutupnya. (Anugrah Andriansyah)

Video trending pilihan redaksi

----

Berita Terkait

Sedih, Warga Purwakarta Tak Bisa Ngabuburit di Museum Digital Sedih, Warga Purwakarta Tak Bisa Ngabuburit di Museum Digital
Sedekah Solar-Bensin dari Indonesia Terangi Masjid di Gaza Sedekah Solar-Bensin dari Indonesia Terangi Masjid di Gaza
Sebentar Lagi Ramadhan, Sudahkah Kita Tahu Apa itu Ramadhan? Sebentar Lagi Ramadhan, Sudahkah Kita Tahu Apa itu Ramadhan?

#Jakarta #Pondok Pesantren #Santri #Ramadhan 1438 H #Ramadhan 2017

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar