Polisi 'Robocop' Versi Nyata Mulai Patroli di Dubai

Polisi robot 'Robocop' bertugas di Dubai (Foto REUTERS/Stringer)

Arah -  Kamu pasti tahu kisah fiksi cyborg di film Robocop? Ya, sebentar lagi polisi Robocop akan jadi kenyataan. Di Dubai, polisi robot itu akan mulai berpatroli bersama polisi-polisi manusia.

Polisi Dubai mengatakan jika proyek Robocop ini sukses, maka polisi akan membentuk 25 persen robot polisi di tahun 2030. Itu merupakan bagian dari program pemerintah yang mengganti aparat pemberantas kejatahan dari manusia ke mesin.

Robocop merupakan hasil modifikasi dari robot layanan dari PAL Robotics asal Barcelona dan programnya dilakukan oleh kepolisian Dubai. Robocop memiliki tinggi 1,7 meter dan bobot 100 kg.

Robocop ini mampu berinteraksi, menanggapi pertanyaan publik, berjabat tangan dan menawarkan penghormatan militer.\

Baca Juga: Nokia 3, Nokia 5 dan Nokia 6, Pakai Android O?
Ada Penampakan Gajah di Planet Mars

"Robot dirancang untuk menumpas kejahatan. Hebatnya lagi mereka tidak meminta cuti, cuti sakit dan cuti hamil, mereka bisa bekerja sepanjang waktu," kata Brigadir Khalid Nasser Al Razooqi, Direktur Jenderal Pelayanan Kepolisian Dubai, dilansir Reuters, Jumat (2/6).

Robot polisi ini juga dilengkapi dengan kamera dan perangkat pemindai wajah. Sehingga bisa mengenali orang serta plat nomor, dan mengirimnya ke data base kepolisian.

"Anggota masyarakat bisa berkomunikasi dengan robot polisi ini dengan melaporkan kejahatan lewat komputer layar sentuh yang ada di dada robot," ujar Razooqi.

"Sekarang robot polisi di film Robocop telah menjadi nyata. Dia ada di Dubai," tutupnya. 

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Erica, Robot yang Paling Mirip dengan Manusia Erica, Robot yang Paling Mirip dengan Manusia
16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki 16 WNI yang Ditangkap Densus 88 Sempat Dideportasi Otoritas Turki
Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu! Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu!

#Jakarta #robot #Polisi robot Robocop #Dubai

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar