Jombang Gelar Pertemuan Pemuda Lintas Agama dari 18 Negara

Taman Asean di Kabupaten Jombang, Jawa Timur menjadi tempat pengibaran bendera negara-negara peserta ASEAN Youth Interfaith Camp (AYIC) yaitu pemuda lintas agama yang diikuti dari berbagai negara. (Foto: istimewa)

Arah -  Mencuatnya sejumlah konflik horizontal di berbagai negara, mendorong Kementerian Luar Negeri dan Setjen ASEAN menyelenggarakan pertemuan pemuda lintas agama (ASEAN Youth Interfaith Camp, AYIC), yang diikuti perwakilan dari 18 negara. 

Pertemuan istimewa tersebut, berlangsung di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang, melalui Pusatu Studi ASEAN, menjadi salah satu motor penyelenggaraan kegiatan ini. 

Acara sudah dibuka Jumat (2/6), diawali dengan pengibaran bendera-bendera negara peserta AYIC. Acara ini digelar, sekaligus dalam rangka HUT ke-50 ASEAN.

Baca Juga: Ini Jawabannya Kenapa Sakit Kepala Menyerang Saat Puasa
Pria Bertopeng Tembaki Pengunjung Kasino di Filipina

Rektor Unipdu, Prof. Ahmad Zahro mengatakan, dipilihnya Jombang sebagai tuan rumah bukan tanpa alasan. Hal itu tidak lepas dari banyaknya pesantren di Jombang.

“Jombang dikenal memiliki ratusan pesantren. Namun di Jombang juga terdapat warga non muslim. Akan tetap mereka bisa hidup berdampingan secara damai. Nah, ini bisa menjadi contoh negara lain dalam memelihara kerukunan umat beragama. Mereka bisa belajar dari sini,” ujar Zahro usai pertemuan.

Direktur Kerjasama Sosial Budaya ASEAN Kementrian Luar Negeri, JS George Lantu mengatakan, disamping dari negara yang tergabung dalam ASEAN, beberapa perwakilan dari Rusia, Korea Selatan, India, Kanada China, Jepang dan New Zaeland akan ikut menjadi peserta. Menariknya, para undangan tersebut bukan hanya dari kalangan muslim, namun juga non muslim.

 “Dari kegiatan ASEAN Youth Interfaith Camp di Jombang diharapkan muncul banyak ide dalam mengembangkan kehidupan yang harmoni, kehidupan yang damai. Mereka bisa belajar dan berdialog tentang kehidupan yang harmoni dan damai di kota santri,” ujarnya.

Video Trending Pilihan Redaksi:

 

Berita Terkait

Karang Taruna Ini Cari Jalan Aspal Berlubang, Loh Kok? Karang Taruna Ini Cari Jalan Aspal Berlubang, Loh Kok?
Cegah Kenakalan Remaja, Ini Kuncinya Cegah Kenakalan Remaja, Ini Kuncinya
Surabaya dan Busan Join Kembangkan Maritim Surabaya dan Busan Join Kembangkan Maritim

#Surabaya #Jombang #Jawa Timur #tokoh lintas agama #ASEAN

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar