Ini Syarat Warga di Kawasan Kumuh Kalijodo Bisa Tinggal di Rusun

Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. (arah.com/M Ridwan)

Arah -  Pemerintah Provinsi dibuat 'geleng-geleng' kepala dengan masyarakat yang kembali membangun bangunan liar di kawasan Kalijodo, Jakarta Utara.

Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat pun dibuat dilema untuk menertibkan bangunan liar tersebut.

Djarot mengatakan belum bisa memindahkan warga di permukiman kumuh itu ke rumah susun, karena pihaknya belum bisa memastikan siapa warga-warga yang tinggal di sana.

"Punya rumah apa nggak?, Pendatang atau nggak?," ujar Djarot ditemui di Balaikota Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat (5/6).

Baca Juga: Setya Novanto: Aksi Persekusi Lecehkan Negara
Duh, Pohon Berumur 100 Tahun Tumbuh di Tengah Lapangan Sepakbola

Seperti diketahui, warga yang berhak diberikan kesempatan tinggal di rumah susun adalah harus warga DKI Jakarta yang memang sudah lama tinggal di bantaran sungai dan terkena proyek normalisasi.

"Jadi kalau mereka sudah lama di bantaran sungai, kemudian kena normalisasi baru kita pindahkan ke rumah susun. Apalagi itu kan bangunan baru bukan bangunan lama," jelasnya.

Sedangkan, penuturan seorang warga memilih membangun kembali rumah semi permanen di Kalijodo mengatakan bahwa selain karena faktor kenyaman, alasan lainnya karena tidak mampu untuk membayar biaya bulanan rumah susun yang disediakan pihak Pemprov DKI Jakarta.

"Saya sudah nyaman tinggal di sini, sebelumnya memang dipindahkan ke rumah susun, tapi nggak kuat bayar bulanannya," ujar Sumiati. (Dini Afrianti) 

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Nasib Warga Kampung Manggarai RW 12 di Tengah Polemik Penggusuran Nasib Warga Kampung Manggarai RW 12 di Tengah Polemik Penggusuran
Mendagri akan Segara Lantik Djarot Sebagai Gubernur Definitif Mendagri akan Segara Lantik Djarot Sebagai Gubernur Definitif
Ini Instruksi Khusus Djarot Pasca Serangan Bom Kampung Melayu Ini Instruksi Khusus Djarot Pasca Serangan Bom Kampung Melayu

#Jakarta #Plt Gubernur Djarot #Djarot Saiful Hidayat #Kalijodo #Penggusuran Permukiman #Penertiban Permukiman #Penggusuran

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar