Kapolri: Pasca Pilkada, Indonesia Hadapi Isu Radikalisme dan SARA

Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Senin (5/6). (Foto: Arah.com/ Muhamad Ridwan)

Arah -  Kapolri Jenderal Tito Karnavian, menyatakan dengn berlalunya Pilkada 2017, masyarakat Indonesia kini dihadapkan dengan berbagai permasalahan lain seputar isu radikalisme dan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).

"Saat ini kita menghadapi ujian sesungguhnya, di mana NKRI dan Pancasila dihadapi oleh permasalahan radikalisme dan SARA," kata Tito di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/6).

Baca Juga: Baper Ditolak KPK, Amien Rais Utus Perwakilan untuk Negosiasi
Sama-sama Usung Khalifah, Ini Beda HTI dan ISIS

Tito meaparkan, pada Pilkada 2017 sempat berlangsung berbagai aksi besar dengan menurunkan massa yang jumlahnya sangat banyak, terlepas dari tepat atau tidaknya tindakan tersebut.

Kalau sudah bicara perihal agama, Tito mengimbuhkan, Indonesia mempunyai pengalaman pahit seperti kasus Ambon dan Poso. Pada saat itu konflik agama tersebut bahkan mengakibatkan pertumpahan darah.

Ada pula kasus di Poso, Sulawesi Tengah pada tahun 1998 yang disebabkan oleh Santoso. Peristiwa itu menimbulkan kesan suram yang masih tersisa hingga kini. Tito menilai, konflik yang berkaitan dengan agama nantinya akan berujung buruk.

"Saya pikir pada saat ini dapat memberikan dukungan kepada NKRI, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika untuk dapat memahami keberagaman yang ada di Indonesia," ucap Tito.

Lebih lanjut, Tito menyatakan Indonesia sebagai negara dengan masyarakat yang heterogen, patut bersyukur sampai saat ini masih hidup dengan dipersatukan oleh Pancasila.

"Tidak banyak yang memiliki suku seperti bangsa kita, berbagai agama dan juga berbagai keturunan ada di Indonesia, maka kita rawat negara ini dengan Pancasila dan NKRI," tandas Tito. (Muhamad Ridwan)

Video Trending Pilihan Redaksi

----

Berita Terkait

Kapolri Nilai Sikap Radikal Bisa Positif, Jika... Kapolri Nilai Sikap Radikal Bisa Positif, Jika...
Kapolri: Kalau Negara Pancasila Diubah, Negara Ini Akan Pecah! Kapolri: Kalau Negara Pancasila Diubah, Negara Ini Akan Pecah!
Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?

#Jakarta #Kapolri Tito Karnavian #Aksi Radikalisme #Isu SARA #Pancasila

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar