Djarot: Negara Berani Nggak Lawan Persekusi?

Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. (arah.com/M Ridwan)

Arah - Sebagai Gubenur DKI Jakarta Definitif, Djarot Saiful Hidayat sampaikan agar aparat kepolisian tidak boleh kalah dari pelaku tindak persekusi atau main hakim sendiri. 

"Saya sampaikan bahwa negara tidak boleh kalah dengan mereka-mereka yang melakukan tindakan-tindakan di luar koridor hukum, main hakim sendiri, intimidasi pengeroyokan, perburuan orang ini enggak boleh dibiarkan," ujar Djarot usai menjalankan rapat di Balaikota Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (5/6).

Dengan sudah banyaknya korban persekusi, Djarot meminta aparat kepolisian agar menjadi barisan terdepan dalam melawan aksi main hakim tersendiri tersebut.

"Yang kedua ya ini mereka-mereka kan korban, kan pasti ada penyebabnya mereka ini adalah akibat dari suatu tindakan. Oleh karenanya polisi yang harus ada digarda depan," terang mantan Walikota Blitar tersebut.

Baca Juga: Ramadhan Asik: Berburu Baju Lebaran Boleh Aja, Tapi Jangan Lebay
Soal Polemik Aliran Dana Obyek Vital, Ini Penjelasan Kapolri

Menurut Djarot, jika aparat tidak berani melawan pelaku persekusi tersebut, ia menakutkan jika nantinya berimbas pada masyarakat membentuk lembaga atau wadah yang dijadikan tempat pengaduan. 

"Daripada nanti masyarakat akan bentuk satu lembaga sendiri dan wadah sendiri sebagai tempat untuk melaporkan korban persekusi, dan dia main hakim sendiri tidak baik kan, Sekarang masalahnya kepolisian atau negara berani nggak?," tandas Djarot. 

Bahkan ia juga menakutkan jika terus menerus dibiarkan akan menimbulkan konflik horizontal dimana sesama masyarakat yang saling bentrok. "Supaya apa? supaya tidak terjadi bentuk bentrok horizontal, dan negara tidak boleh kalah dengan tekanan-tekanan seperti itu. Kita itu negara hukum ya," tegasnya. 

"Oleh karenanya menurut hemat saya negara harus tegas, kepolisian harus tegas siapapun itu." (Dini Afrianti) 

Video Trending Piliahan Redaksi:

Berita Terkait

PBNU: Jangan Pernah Main Hakim Sendiri Itu Dilarang Agama PBNU: Jangan Pernah Main Hakim Sendiri Itu Dilarang Agama
Djarot Sebut Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Blok V Senen Djarot Sebut Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Blok V Senen
Setya Novanto: Aksi Persekusi Lecehkan Negara Setya Novanto: Aksi Persekusi Lecehkan Negara

#Jakarta #aksi persekusi #persekusi #Djarot Saiful Hidayat

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar