INASGOC Berharap Dana Asian Games Cair Agustus

Erick Thohir (Dok.arah.com/May Rahmadi)

Arah -  Panitia Penyelenggara Nasional Asian Games (INASGOC) 2018 mengharapkan anggaran Asian Games sebesar Rp1,5 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2017 dapat cair pada Agustus.

"Semula kami mengajukan anggaran Asian Games sebesar Rp1,8 triliun yang akan masuk dalam APBN-P 2017. Tapi, pemerintah menyetujui Rp1,5 triliun," kata Ketua INASGOC Erick Thohir di Jakarta, Minggu.

Anggaran Rp1,5 triliun itu, lanjut Erick, antara lain akan dipakai untuk persiapan pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 menyusul pendanaan bersifat multitahun.

"Misalkan, kami melibatkan enam ribu penari yang akan tampil dalam upacara pembukaan dan penutupan. Kami tentu harus membayar gaji latihan mereka karena mereka berlatih enam bulan sebelum upacara berlangsung," kata Erick.

Baca Juga: Luapan Emosi Bobotoh Persib Usai Takluk dari Bhayangkara FC
Fakta Baru, Remaja Cari Informasi Kesehatan Lewat Media Sosial
Jelang Lebaran, Bisnis Busana Muslim Meningkat 100 Persen

Erick mengatakan anggaran Rp1,5 triliun itu juga akan dipakai untuk persiapan penyelenggaraan kejuaraan uji coba Asian Games untuk 10 cabang olahraga pada November 2017 hingga Maret 2018.

"Kami sudah menggunakan anggaran sebelumnya yaitu dari anggaran Rp500 miliar untuk membayar uang pangkal gelanggang-gelanggang olahraga yang akan dipakai untuk kejuaraan uji coba," kata Erick.

Meksipun mendapatkan dukungan anggaran dari negara, INASGOC juga masih membutuhkan tambahan dana dari pihak swasta sebesar Rp1 triliun-Rp1,5 triliun untuk pelaksanaan Asian Games.

"Kebutuhan penyelenggaraan Asian Games 2018 sebenarnya mencapai lebih dari Rp5 triliun. Tapi, dukungan dari pihak swasta belum kami lakukan karena masih menunggu pembentukan Badan Layanan Umum (BLU) yang melekat pada INASGOC," kata Erick.

Ia mengklaim sejumlah perusahaan swasta telah berkomitmen untuk menjalin kerja sama dengan INASGOC dalam penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Kami belum dapat mengumumkan nama-nama pihak swasta itu karena masih menunggu BLU," kata Erick.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor
Asian Games 2018 Akan Pertandingkan 36 Cabang Olahraga Asian Games 2018 Akan Pertandingkan 36 Cabang Olahraga
JK Pesan Jangan Jor-joran Anggaran di Asian Games 2018 JK Pesan Jangan Jor-joran Anggaran di Asian Games 2018

#Jakarta #Asian Games 2018 #Erick Thohir

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar