Satu Juta Perantau Sumbar akan Pulang Kampung

Rumah Adat Minangkabau, Sumatera Barat. (shutterstock)

Arah - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memperkirakan jumlah perantau yang akan pulang kampung pada lebaran 1438 Hijriah ini lebih dari satu juta orang.

"Kata kuncinya tahun ini adalah pariwisata," Kepala Biro Kerjasama dan Rantau Sekretariat Provinsi Sumbar Luhur Budianda SY di Padang, Selasa (6/6/2017).

Menurutnya setiap tahun ratusan ribu bahkan sampai satu juta warga Minang yang ada di luar provinsi melakukan pulang bersama untuk bersilaturahim dengan anggota keluarga di kampung halaman. Hal itu telah menjadi tradisi dan salah satu ciri khas masyarakat Minang yang merantau.

Diperkirakan tahun ini jumlah perantau yang pulang lebih banyak dari tahun lalu, salah satunya karena ingin menikmati destinasi wisata di Sumbar.

Baca Juga: Gelar Mudik Gratis, Pelindo I akan Berangkatkan 2.150 Pemudik
Usai Geledah Kantor Komisi B, KPK Juga Geledah Rumah Milik Basuki

Ia mengatakan geliat pariwisata Sumbar setahun terakhir sangat terasa, terutama dengan memenangkan dua kategori dalam kompetisi wisata halal dunia 2016.

Sejumlah objek wisata baru juga menjadi perhatian bahkan viral di media sosial sehingga menarik minat wisatawan untuk berkunjung, demikian juga dengan para perantau.

Berdasarkan hasil sensus penduduk Sumbar tahun 2010, jumlah masyarakat Sumbar baik yang bermukim di provinsi itu maupun di luar provinsi lebih dari delapan juta jiwa.

Tahun ini diprediksi jumlah warga Minang yang bermukim di luar daerah lebih banyak dari jumlah penduduk Sumbar yang telah mencapai sekitar lima juta jiwa.

Sementara itu, untuk memberikan kenyamanan pada pemudik yang menggunakan jalur darat, Pemprov Sumbar menyiagakan 61 alat berat yang ditempatkan pada titik-titik rawan.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan hal itu dilakukan untuk langkah antisipasi jika terjadi musibah longsor atau jalan terban.

"Alat berat ini akan siaga seminggu sebelum dan sesudah lebaran. Jika terjadi bencana bisa ditindaklanjuti dengan cepat sehingga arus mudik tidak terganggu," katanya.

Selain itu sejumlah ruas jalan nasional dan provinsi yang rusak juga diharapkan bisa selesai diperbaiki sebelum arus mudik terjadi.

Berita Terkait

Antisipasi Macet, Pemudik Diimbau Tidak Fokus di Tol Cipali Antisipasi Macet, Pemudik Diimbau Tidak Fokus di Tol Cipali
Kuota Mudik Gratis Kemenhub Capai 200 Ribu Kursi Kuota Mudik Gratis Kemenhub Capai 200 Ribu Kursi
Garuda Siapkan 61.324 Kursi Penerbangan untuk Mudik Lebaran Garuda Siapkan 61.324 Kursi Penerbangan untuk Mudik Lebaran

#Jakarta #Mudik Gratis #Mudik Lebaran #Lebaran 2017

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar