Kemensos Upayakan Tempat Tinggal Baru Bagi Korban Persekusi

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa berdialog dengan warga. (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

Arah -Kementerian Sosial memastikan PMA, remaja korban persekusi dan keluarganya tidak akan kembali ke rumah kontrakannya di Cipinang Muara, Jatinegara, Jakarta dan akan mengupayakan tempat tinggal baru bagi mereka.

"Paling tidak akan dicarikan kontrakan untuk jangka waktu dua tahun ke depan," kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi PMA di Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) Bambu Apus, Jakarta, Selasa.

Selain memfasilitasi kontrakan bagi PMA, Kemensosjuga akan membayarkan tunggakan sekolah sejumlah saudara PMA agar mereka bisa kembali bersekolah. Sementara ibu PMA juga akan diberikan modal usaha.

Mensos mengatakan, PMA beserta keluarganya masuk ke RPSA sejak Minggu (4/6) setelah sebelumnya sempat diamankan di rumah aman (safe house) Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Soal Persekusi, Djarot: Ini Ancaman Berbahaya!
Kecam Pelaku Persekusi, GP Ansor Bentuk Tim Khusus

Setelah masuk ke RPSA, dilakukan proses assesmen guna mengetahui kondisi psikis PMA pascamengalami kekerasan.

Hasil assesmen tersebut menjadi dasar bagi Tim Layanan Dukungan Psiko Sosial Kemensos dalam memberikan 'trauma healing' dan trauma konseling kepada PMA dan keluarganya.

"Paling lama tiga bulan mereka akan berada di RPSA, paling lama satu bulan sudah dilakukan proses reintegrasi sosial. Saya berharap kehidupan mereka bisa segera kembali normal," katanya. seperti dikutip dari antara

Sebelumnya, beredar video viral aksi kekerasan sejumlah pria yang diduga anggota salah satu ormas terhadap PMA. Dalam video berdurasi 11:22 menit tersebut, memperlihatkan PMA diinterogasi dan sempat dipukul sekelompok orang.

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Kasus Persekusi, Polisi Periksa 8 Orang Saksi Kasus Persekusi, Polisi Periksa 8 Orang Saksi
Ulama dan Ormas Deklarasi Dukung Habib Rizeq Ulama dan Ormas Deklarasi Dukung Habib Rizeq
Soal Persekusi, Djarot: Ini Ancaman Berbahaya! Soal Persekusi, Djarot: Ini Ancaman Berbahaya!

#Jakarta #persekusi #Perilaku Anak #Ormas #FPI Front Pembela Islam #hina ulama #Cipinang #Media Sosial #Kementerian Sosial

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar