Komnas HAM Sebut Persekusi Bisa Jadi Pelanggaran HAM Berat

Ilustrasi kekerasan terhadap anak (Foto: erlandhinonews.blogspot.com)

Arah - Komisi Perlindungan Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyebutkan terkait persekusi dapat dikategorikan kedalam pelanggaran HAM berat. Menurut M Imdadun Rahmat, selaku komisioner Komnas HAM, persekusi merupakan bentuk kejahatan yang tersistematis.

"Itu akan jadi indikasi pelanggaran HAM berat apabila ada unsur sistematis, jika indikasi ini kuat, itu bisa masuk dalam otoritas komnas HAM sebagai penyidik terkait kemanusiaan," katanya di gedung Komnas HAM di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (6/6).

Namun, dalam menentukan adanya unsur sistematis atau terencana atau tidak, Roichatul Aswidah yang juga selaku Komisioner Komnas HAM akan melihat apakah ada pola tertentu yang merupakan kebijakan dari sebuah organisasi.

"Sistematis itu terencana ada polanya merupakan kebijakan dari organisasi tertentu, infrastruktur mana saja yang terlibat, karena terencana, belum tentu kebijakannya meluas," ujar Roichatul pada kesempatan yang sama.

Baca Juga: Siapa Sebenarnya Pria yang Lantunkan Al Quran dari Dalam Penjara?
Sony PlayStation 4 Slim Warna Emas Mulai Dijual 9 Juni, Harganya?

Sebelumnya menurut Imdadun, Komnas HAM sudah pernah menangani masalah persekusi dalam sebuah kasus kekerasan di daerah Timur Indonesia.

"Terkait dengan unsur umum persekusi sebagai suatu elemen, itu telah diaplikasikan, dalam pengalaman pengadilan HAM berat indonesia sudah diberlakukan kekerasan di Timor-Timur," jelas Imdadun. (Dini Afrianti)

Video trending pilihan redaksi:

----

Berita Terkait

Catat, Ini Poin-Poin Penting Komnas HAM Terhadap Persekusi Catat, Ini Poin-Poin Penting Komnas HAM Terhadap Persekusi
Diteror Ormas Gara-gara Update Status? Segera lapor Kesini! Diteror Ormas Gara-gara Update Status? Segera lapor Kesini!
Lecehkan Bendera Negara, FPI Harus Rasakan Proses Hukum Lecehkan Bendera Negara, FPI Harus Rasakan Proses Hukum

#Jakarta #persekusi #Komnas HAM

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar