Hindari Macet, Ini Tanggal Paling Tepat untuk Pergi Mudik

Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di ruas Tol Dalam Kota, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (16/5). Kepadatan jalanan di ibu kota disebabkan oleh tingginya pengunaan kendaraan pribadi, dimana pertumbuhan jumlah motor dan mobil mencapai 12 persen per tahun. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Arah -  Arus mudik Lebaran 2017 diperkirakan akan mencapai puncaknya pada Jumat dan Sabtu, 23 dan 24 Juni mendatang. Untuk itu, pemerintah melalui Menteri Perhubungan (Menhub) Budi K. Sumadi mengimbau masyarakat kalau bisa mudiknya maju 2 hari saja atau paling lambat dari tanggal tersebut untuk kurangi kepadatan.

“Itu akan mengurangi kepadatan. Dan kenikmatan, kenyamanan akan tercapai daripada mesti berdesakan pada tanggal tersebut,” kata Menhub kepada wartawan usai Rapat Terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (6/6).

Baca Juga: Mudik Gratis Dishub Jatim Laris, Ini Rute yang Masih Tersedia
Jasa Marga Targetkan Jalan Tol Mulus Saat Mudik Lebaran

Menhub Budi K. Sumadi mengemukakan kemungkinan adanya peningkatan frekuensi kendaraan masyarakat melalui Tol Cipali pada masa mudik Lebaran 2017 ini.

Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan Polri akan menetapkan suatu pembatasan dengan melakukan buka tutup di Cipali, dengan menyarankan masyarakat menggunakan jalur selatan atau utara (non tol).

Mengenai batasan ganjil genap, Menhub mengakui memang ada usulan dari beberapa pihak. Presiden juga waktu itu memberikan catatan kalau benar akan dilakukan tolong dikaji dengan benar.

“Kami tidak mengkaji sendiri, kami minta MTI (masyarakat Transportasi Indonesia) untuk mengkaji. Dari kajian itu memang MTI tidak merekomendasikan untuk diberlakukan,” jelas Menhub.

Ia menyebutkan, waktu sosialisasi batasan ganjil genap sangat pendek karena kurang dari beberapa bulan.

“Kalau kita lakukan banyak sekali, saya khawatir ada saudara-saudara kita yang kesasar, tidak tahu, kasihan,” ujar Budi.

Bahkan, lanjut Menhub, belum-belum bus dan truk minta pengecualian. Kalau bus dan truk minta pengecualian yang lain juga minta pengecualian. Karena itu, pemerintah memutuskan tidak diberlakukan.

Video Trending Pilihan Redaksi

----

Berita Terkait

Jasa Marga Targetkan Jalan Tol Mulus Saat Mudik Lebaran Jasa Marga Targetkan Jalan Tol Mulus Saat Mudik Lebaran
Jalan Tol Tebing Tinggi-Medan-Binjai Akan Dibuka H-4 Lebaran Jalan Tol Tebing Tinggi-Medan-Binjai Akan Dibuka H-4 Lebaran
Empat Jalan Layang dan Tol Jakarta-Semarang Siap Layani Pemudik Empat Jalan Layang dan Tol Jakarta-Semarang Siap Layani Pemudik

#Jakarta #Budi Karya Sumadi #Menteri Perhubungan #Arus Mudik #Mudik Lebaran #Ramadhan 1438 H #Ramadhan 2017

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar