Sambut Idul Fitri, BI Siapkan Rp167 Triliun Untuk Penukaran Uang

Ilustrasi warga antre penukaran uang baru di salah satu tempat perbelanjaan. (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Arah -  Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng, mengatakan pihaknya menyediakan sekitar Rp167 triliun uang layak edar untuk kebutuhan penukaran uang masyarakat menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah pada akhir Juni 2017.

Di antara ratusan triliun tersebut, Rp70 triliun di antaranya adalah uang emisi 2016 atau uang seri terbaru.

"Prediksi kami kebutuhan Rp167 triliun itu akan lebih dari cukup. Jadi dalam kesempatan ini akan mencukupi baik dari emisi lama maupun emisi baru yang sebanyak Rp70 triliun," kata Sugeng di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (7/6).

Baca Juga: Ramadhan Asik : Sifat Iri Bikin Tabungan Amal Merugi
Razia Perbatasan Sumut-Aceh, Polisi Amankan 54 Kg Ganja Kering

Dengan demikian, BI siap memasok sekitar 41,9 persen uang emisi baru di seluruh Indonesia. Uang baru tersebut terdiri dari 12 pecahan nominal.

Untuk antisipasi melonjaknya permintaan penukaran, Bank Sentral masih menyiapkan kebutuhan cadangan uang untuk penukaran. Secara total, BI menyiapkan Rp200 triliun untuk kebutuhan penukaran uang di Idul Fitri tahun ini.

Sarana penukaran yang dimiliki BI, kata Sugeng, adalah 122 titik penukaran yang terdiri dari 77 titik lokasi kas titipan ditambah 45 Kantor Perwakilan BI di seluruh propinsi.

Menurut Sugeng, layanan penukaran uang ini akan terus diintensifkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu, kegiatan penukaran uang ini juga dimanfaatkan BI dan perusahaan perbankan untuk memeriksa keberadaan uang palsu dan uang tidak layak edar di masyarakat.

Video Trending Pilihan Redaksi

----

Berita Terkait

Kominfo Pastikan Jaringan Telekomunikasi Aman Saat Mudik Lebaran Kominfo Pastikan Jaringan Telekomunikasi Aman Saat Mudik Lebaran
Menteri Susi: Kalau Sahur Nggak Makan Ikan Saya Tenggelamkan Menteri Susi: Kalau Sahur Nggak Makan Ikan Saya Tenggelamkan
Awas, Makan Sahur Jangan Berlebihan Awas, Makan Sahur Jangan Berlebihan

#Jakarta #Penukaran Uang #Idul Fitri #Ramadhan 1438 H #Ramadhan 2017 #Lebaran

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar