Din Syamsuddin: Istilah Persekusi Berlebihan

Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin. (Foto: Arah.com/ Harry Muthahhary)

Arah - Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin menanggapi isu persekusi yang saat ini sedang menjadi permasalahn serius di Indonesia. Menurut dia, persekusi merupakan istilah berelebihan yang digembor-gemborkan.

“Persekusi salah kaprah, itu istilah berlebihan. Persekusi dalam sejarah dulu antara Khatolik dan Protestan diusir besar-besaran, kemudian umat Islam diusir oleh Mogol di Bagdad, sekarang di era modern kayak di Rohingnya itu yang dinamakan persekusi,” katanya di kantor MUI Pusat, Jakarta, Rabu (7/6).

“Kalau terjadi satu dua kasus itu bukan persekusi, mungkin yang tepat intimidasi,” lanjut dia.

Baca Juga: Seru! Ngabuburit di Habitat Gajah Bisa Nambah Wawasan
Kisruh Arab-Qatar,Bagaimana Nasib Jamaah Haji dari Seluruh Dunia?

Din juga menuturkan, adanya kasus persekusi di Tanah Air belakangan ini disebabkan karena lemahnya hukum di Indonesia. Dan, dia juga menyebut kepolisian telah melakukan pembiaran terhadap oknum-oknum yang dinilai melakukan penghinaan terhadap tokoh agama.

“Kalau penegakan hukum cepat berkeadilan dan tidak pilih ini pilih itu tidak akan terjadi. kenapa ada intimidasi karena kepolisiannya adanya pembiaran,” jelasnya.

Sebelumnya, Avocat Cinta Tanah Air (ACTA) juga menyayangkan adanya penggunaan kata 'persekusi' yang kerap digunakan kepolisian. Wakil Ketua ACTA Agustiar mengatakaan, yang terjadi di Indonesia bukanlah persekusi, namun hanya tindak pidana biasa.

"(Dalam statuta itu) persekusi artinya kurang lebih pencabutan hak-hak fundamental yang disengaja dan berat, yang bertentsngan dengan hukum internasional dengan alasan identitas kelompok," kata Agustiar saat memberikan keterangan di Hotel Ibis, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (5/6). (Harry Muthahhary)

Video trending pilihan redaksi:

----

Berita Terkait

Berang Fatwa MUI Dikriminalisasi, Din Sindir Kapolri Berang Fatwa MUI Dikriminalisasi, Din Sindir Kapolri
Ini Langkah MUI Memediasi Perseteruan Megawati dan Habib Rizieq Ini Langkah MUI Memediasi Perseteruan Megawati dan Habib Rizieq
Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela Ngetwitt Lagi, SBY Serang Penyebar 'Hoax' yang Kian Merajalela

#Jakarta #Din Syamsuddin #persekusi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar