MUI Padang Anjurkan Penyaluran Zakat Melalui Amil

Ilustrasi, zakat akan mengurangi ketimpangan ekonomi

Arah -  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang, Sumatera Barat, mengatakan penyaluran zakat sebaiknya melalui amil zakat sesuai dengan syariat Islam.

Ketua MUI Kota Padang, Duski Samad, mengatakan penyaluran zakat melalui amil merupakan salah satu cara yang dianjurkan agama untuk mempermudah pemberian zakat kepada si penerima.

"Lembaga ini difungsikan bila kita tidak bisa memberikannya langsung kepada si penerima," katanya dilansir Antara, Rabu (7/6).

Baca Juga: Catat Tanggalnya, BI Jatim Sudah Buka Outlet Untuk Penukaran Uang
Apa Kabar, Omran? Si Bocah Imut Korban Serangan Aleppo

Dalam Islam, kata dia, pemberian zakat dilakukan dengan cara muzaki (pemberi zakat) mendatangi mustahiq (penerima zakat) bukan muzaki memanggil mustahiq.

Selain itu, ia mengatakan cara penyaluran melalui amil zakat ini juga menghindari pembagian zakat dengan mengumpulkan massa yang dilarang oleh Islam, karena dapat menyebabkan banyak kerugian hingga terjadi kerusuhan antar warga.

Ia menjelaskan dengan mengumpulkan massa terkesan melecehkan penerima, menyusahkan dan berisiko menimbulkan korban karena berdesak-desakan.

Dirinya menekankan, harta yang dizakatkan tersebut terdapat hak orang lain yang harus disalurkan.

"Jika ada harta seseorang yang dititipkan kepada kita, sudah seharusnya diantarkan langsung, bukan mengumpulkan massa untuk kemudian dibagi-bagikan," ujarnya.

Adapun untuk besaran zakat fitrah yang disalurkan senilai Rp40.000 jika zakat berupa beras Sokan Solok dengan harga Rp16.000 per liter, beras Anak Daro Rp14.800 per liter senilai Rp37.000, IR 42 Rp13.600 perliter senilai Rp34.000, dan Dolok/bulog Rp11.000 senilai Rp27.000.

Video Trending Pilihan Redaksi

----

Berita Terkait

Disiplinkan Masyarakat, Pemkot Padang Punya Mobil Siaran Keliling Disiplinkan Masyarakat, Pemkot Padang Punya Mobil Siaran Keliling
Ternyata Ini Alasan Mengapa Pungli Merajalela... Ternyata Ini Alasan Mengapa Pungli Merajalela...
Rawan Bencana,Pemkot Padang Ajarkan Penanganan Bencana ke Sekolah Rawan Bencana,Pemkot Padang Ajarkan Penanganan Bencana ke Sekolah

#Jakarta #Padang #Sumatera Barat #Lembaga Zakat Resmi #Amil Zakat #zakat fitrah

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar