Bukber Ramadhan Mampu Menjaga Silaturahmi

Umat muslim menanti waktu berbuka puasa pada hari pertama bulan suci Ramadan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu (27/5). Masjid Istiqlal menyiapkan dana sekitar Rp3 miliar pada Ramadan 1438 H untuk menyiapkan takjil sebanyak 3.000 kotak pada hari Senin hingga Kamis dan 5000 kotak pada hari Jumat hingga Minggu. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Arah -Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengatakan berbuka puasa bersama yang merupakan tradisi umat Islam di Indonesia dapat menjaga kebersamaan melalui silaturahmi.

"Tradisi buka puasa bersama di antara umat Islam di Indonesia terus terpelihara karena sesuai dengan keragaman dan kebiasaan rakyat Indonesia yakni bersilaturahmi," kata Hidayat Nur Wahid di sela buka puasa bersama di rumah dinas wakil ketua MPR RI di Jalan Kemang Selatan Jakarta, Sabtu.

Hadir pada buka puasa bersama tersebut antara lain Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR RI Mahyudin, sejumlah anggota MPR RI, serta beberapa duta besar negara sahabat.

Menurut Hidayat, melalui berbuka puasa bersama, rakyat Indonesia yang heterogen melakukan silaturahmi.

"Melalui berbuka puasa bersama ini dapat menumbuhkan kebersamaan dan saling pengertian antara rakyat yang beragam latar belakang suku dan daerah," katanya.

[baca_juga]

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu meyakini banyak persoalan bangsa dapat diselesaikan jika terus memelihara silaturahmi, antara lain melalui berbuka puasa bersama.

Karena dengan silaturrahmi, kata dia, akan terjadi saling memahami serta kebersamaan yang semakin erat.

Sementara itu, KH Endang Darus pada saat memberikan ceramah Ramadhan mengatakan, puasa merupakan salah satu cara yang ditunjukkan Allah SWT untuk menyamaratakan umatnya dalam satu perintah.

"Jika dalam kehidupan duniawi tujuan setiap manusia adalah kepuasan, maka dengan berpuasa tujuannya adalah ketaqwaan," katanya. seperti dikutip dari antara

Menurut Endang, dalam menjalankan ibadah puasa, umat Islam yang mampu juga diwajibkan membayar zakat untuk mensucikan hartanya.

"Agama Islam mengajarkan melalui zakat juga berarti dalam harta kita ada hak untuk orang lain yang harus dibayarkan. Ini adalah bagian dari bentuk saling memahami," kata Endang Darus.

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Seru! Ngabuburit di Habitat Gajah Bisa Nambah Wawasan Seru! Ngabuburit di Habitat Gajah Bisa Nambah Wawasan
Sambut Ramadhan, Ratusan Warga Klaten Ikuti 'Tambur Perdamaian' Sambut Ramadhan, Ratusan Warga Klaten Ikuti 'Tambur Perdamaian'
Kapolri Optimis Penanganan Arus Mudik 2017 Berjalan Lancar Kapolri Optimis Penanganan Arus Mudik 2017 Berjalan Lancar

#Jakarta #bulan ramadhan #Bulan Puasa #Buka Puasa Bersama #Silaturahmi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar