Gempa di Sukabumi Akibat Aktivitas Patahan Lempeng Bumi

Gempa terjadi di Sumatra

Arah -  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menyebutkan gempa bumi berkekuatan 6,3 Skala Richter, Senin (12/6/2017) pagi, yang berpusat di Kota Sukabumi akibat aktivitas patahan lempeng bumi.

"Informasi yang kami terima dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG ) gempa tersebut dipicu akibat aktivitas patahan di dasar laut dekat zona subduksi Lempeng Indo-Australia terhadap Lempeng Eurasia," kata Kepala Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi Yana Rusyana di Sukabumi, seeprti dikutip dari Antara, Senin (12/6/2017).

Hingga kini, katanya, belum ada laporan kerusakan, namun warga diimbau untuk ikut berperan aktif memberikan informasi jika ada bangunan yang rusak akibat getaran gempa tersebut.

Baca Juga: Gempa 6,3 Skala Richter Guncang Sukabumi
Pengamat: Hak Angket KPK Tak Punya Dasar Hukum

Pers rilis yang diterima Antara BMKG dan disebarkan melalui BPBD setempat dari hasil pemutakhiran analisis BMKG diperoleh bahwa gempa bumi tersebut berkekuatan 5,7 SR dengan kedalaman pusat gempa 43 km.

Gempa juga dirasakan hingga Bogor, Pengalengan, Palabuhanratu, Jakarta, Depok, dan Lebak, Banten yang guncangannya dirasakan banyak orang tetapi tidak sampai menimbulkan kerusakan.

Meskipun gempa bumi terjadi di laut, hasil pemodelan menunjukkan tidak berpotensi tsunami.

Untuk itu, warga pesisir pantai Jabar dan sekitarnya diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Berita Terkait

Gempa Sukabumi, Warga Pesisir Diimbau Tak Terpengaruh Isu Tsunami Gempa Sukabumi, Warga Pesisir Diimbau Tak Terpengaruh Isu Tsunami
Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul? Pilgub DKI Diikuti Agus-Sylvi dan Ahok-Djarot Saja, Siapa Unggul?
Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK

#Jakarta #gempa sukabumi #Gempa Bumi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar