Dishub Jawa Barat Siapkan Jalur Alternatif Mudik

Dishub Jabar beserta kepolisian menyiapkan jalur alternatif pada arus mudik nanti (foto/arah/Hary Anto)

Arah - Mengantisipasi berbagai kendala saat arus mudik nanti, Dinas Perhubungan Jawa Barat telah menyiapkan berbagai cara untuk bisa mengurai kemacetan, hingga mengurangi angka kecelakaan.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan telah menyiapkan berbagai kelengkapan jalan, untuk beberapa jalur-jalur? yang akan dijadikan jalur alternatif.

"Sudah ada beberapa solusi yang akan dilakukan di fasilitas lalulintas angkutan jalan, kami sudah siapkan di H-14 lebaran apabila jalur alternatif digunakan. Karena Jabar itu merupakan daerah lintasan dan tujuan arus mudik," kata Dedi saat dikonfirmasi.

Fasilitas yang akan disediakan oleh pihak Dishub antara lain rambu-rambu lalu lintas, penambahan lampu jalan, CCTV dan fasilitas lainnya yang telah dipastikan akan terpasang saat puncak arus mudik nanti.

"Mudah-mudahan yang melintas ke Jabar bisa dengan aman, selamat sampai tujuan. Tapi kita juga akan pastikan h-7 sampai h+7 tidak ada kendala, karena di Jabar merupakan perlintasan dan tujuan, menurut data, yang melintasi Jabar cukup tinggi," tambahnya.

Baca Juga: Jabar Siagakan 1.216 Petugas Amankan Mudik Lebaran
Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor

Khusus di Purwakarta, yang akan dijadikan jalur alternatif para pemudik jika ruas tol Cipali mengalami kepadatan. Kadishub Purwakarta, Saepuddin mengatakan pihaknya telah siap menghadapi arus mudik nanti.

"Betul, nanti kalau cipalinya tersendat (Purwakarta) pasti jadi alternatif, rambu lalu lintas, pentunjuk arah bantu juga telah kami siapkan," ungkapnya.

Bercermin dari tahun sebelumnya, ia menyebutkan Kabupaten terkecil kedua di Jabar ini tidak menghadapi kendala yang berarti saat arus mudik, hingga arus balik lebaran.

"Umumnya masih tetap jalur ke Sadang, Subang, paling tidak Wanayasa, terus arterinya kan jalan utama Purwakarta kota. Untuk di Purwakarta relatif lancar, yang ada kendala kan di Cirebon," jelas Saepudin. (Hary Anto)

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Dishub Jabar Siapkan Ratusan Bus Untuk Pemudik Dishub Jabar Siapkan Ratusan Bus Untuk Pemudik
Ini Dia Sejumlah Jalur Alternatif Saat Mudik Lebaran Nanti Ini Dia Sejumlah Jalur Alternatif Saat Mudik Lebaran Nanti
Aturan Ganjil-genap Kendaraan Mudik Lebaran Diputuskan Mei Aturan Ganjil-genap Kendaraan Mudik Lebaran Diputuskan Mei

#Jakarta #Arus Mudik #Jalur mudik #Persiapan Arus Mudik Lebaran #Dishub #Jawa Barat

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar