Jalur Mudik Rawan Bencana, Ini Antisipasi Dishub Jawa Barat

Ribuan kendaraan memadati jalur Puncak di Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jum'at (25/3/2016). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Arah -Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan telah mengantisipasi terjadinya potensi bencana di wilayahnya saat arus mudik lebaran.

"Kita juga antispasi dengan berkordinasi dengan bina marga, baik itu dengan PUPR sendiri untuk jalur nasional, kita akan siapkan alat alat berat di beberapa daerah yang menjadi simpul bencana," ungkap Dedi saat di konfirmasi, Senin (12/6/2017).

Dedi Taufik menjelaskan jika daerah Garut, Sumedang serta kawasan puncak adalah daerah di Jabar yang menjadi rawan bencana, terutama bencana longsor, termasuk daerah Rancaekek yang menjadi perlintasan jalur mudik menuju Garut, Tasik bahkan Cirebon.

Dishub Provinsi Jawa Barat sendiri mengatakan sudah mengantisipasinya dengan menyediakan pompa air, guna mengantisipasi terjadinya banjir yang menghambat arus kendaraan.

"Kita standby kan. Udah pasti akan seperti itu, karena h-7, h+7 betul betul kita lakukan, karena ini misi kemanusiaan dan kita juga harus membuat pelayanan yang lebih baik lagi dari tahun tahun sebelumnya," jelasnya.

Baca Juga: Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor
Kapolri Optimis Penanganan Arus Mudik 2017 Berjalan Lancar

Kondisi jalan di Jawa Barat pun telah menjadi perhatian pihaknya sejak lama, oleh karena itu Dedi menyebutkan kemantapan jalan sudah baik untuk dilewati saat arus mudik nanti, namun hanya ada beberapa kendala saja yang masih dapat di antisipasi.

"Cuma ada terkendala yang jalur ke Jonggol, Cipamingkis ya, itu jembatannya belum bisa digunakan. Kemudian antisipasi jembatan Monjot yang di Kertajati. Apabila arus dialihkan kesana, kita harus lebih selektif terhadap angkutan angkutan yang melebihi kapasitas. Itu yang dikordinasikan dengan pihak dinas bina marga," kata Dedi. (Hary Anto)

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Dishub Jawa Barat Siapkan Jalur Alternatif Mudik Dishub Jawa Barat Siapkan Jalur Alternatif Mudik
Dishub Jabar Siapkan Ratusan Bus Untuk Pemudik Dishub Jabar Siapkan Ratusan Bus Untuk Pemudik
Jelang Arus Mudik, Organda Siapkan Ratusan Armada Lebaran Jelang Arus Mudik, Organda Siapkan Ratusan Armada Lebaran

#Jakarta #Persiapan Arus Mudik Lebaran #Lebaran 2017 #Arus Mudik #Dishub #Jawa Barat

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar