Punya Ilmu Kanuragan, KH Abbas Hancurkan Pesawat Pakai Pasir

Pengasuh Pondok Pesantren Buntet, Cirebon, KH Abbas bin Abdul Jamil. (Foto: ngelayabcribeon.blogspot.com)

Arah -  Para ulama senior mendapat tempat utama di tengah masyarakat antara lain karena ketinggian ilmu agamanya. Hal itu pula yang dialami pengasuh Pondok Buntet Pesantren di Cirebon, Jawa Barat, KH Abbas bin Abdul Jamil.

Seperti juga para kyai dahulu kala termasuk yang hidup di zaman perjuangan kemerdekaan, Kyai Abbas juga tersohor dengan kisah-kisah kepahlawanannya. Sebagian cerita-cerita perjuangan yang beredar di masyarakat, bahkan melampaui nalar mesti bukan merupakan hal yang tak mungkin.

Apalagi para kyai zaman dulu, dikenal memiliki ilmu kanuragan. Yaitu ilmu yang berfungsi untuk bela diri secara supranatural. Ilmu ini mencakup kemampuan bertahan (kebal) terhadap serangan dan kemampuan untuk menyerang dengan kekuatan yang luar biasa. 

Baca Juga: Waduh, Ada Penjara Mewah di LP Cipinang!
Mau dapat Sepeda dari Presiden Jokowi? Begini Caranya...
Cara Jitu Menghafal Alquran dengan Metode Otak Kanan

Salah satu kisah kepahlawanan yang populer dari Kyai Abbas, adalah kemampuannya menghancurkan pesawat-pesawat militer penjajah Belanda (NICA). Dikutip dari nu.or.id, aksi heroik itu hebatnya dilakukan hanya menggunakan bakiak, tasbih dan butiran pasir sebagai senjata untuk merontokkan pesawat tempur musuh. 

Dikisahkan, dalam pertempuran 10 November 1945, Kiai Abbas menggenggam pasir yang ditaburkan ke arah musuh. Aksi ini membuat musuh kocar-kacir, karena seakan-akan pasir yang ditaburkan menjadi meriam dan bom yang menghancurkan.

Kisah sejarah perjuangan ini, membuat Kyai Abbas dijuluki sebagai Angkatan Udara Nahdlatul Ulama.

Kyai Abbas juga dikenal sebagai kyai yang memiliki ilmu kedigdayaan yang tinggi pada masa hidupnya. Kemampuan Kyai Abbas dalam bidang psychokinesys, yang berangkat dari Cirebon menuju Surabaya dalam sekejap hentakan kaki, merupakan karomah yang diberikan Allah kepada beliau (Amin, 2008: 72).

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

KH Ali Mustafa Yaqub Pernah Minta Ditangkap Polisi KH Ali Mustafa Yaqub Pernah Minta Ditangkap Polisi
Kapolda Jabar Kunjungi Pesantren di Cirebon Kapolda Jabar Kunjungi Pesantren di Cirebon
Inovatif! Warga Cirebon Bikin Lukisan Dari Pelepah Pisang Inovatif! Warga Cirebon Bikin Lukisan Dari Pelepah Pisang

#Cirebon #Nahdlatul Ulama (NU) #Kyai #Ulama #Cirebon

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar