Blue Notice Jadi 'Senjata' Polisi untuk Tangkap Rizieq Shihab

Habib Rizieq bernyanyi bersama para presiden Indonesia

Arah - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Rikwanto menyebut Polri akan mengeluarkan Blue Notice untuk mencari keberadaan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, yang kini berada di Arab Saudi. Hal itu terkait kasus dugaan pornografi yang menjerat Rizieq.

"Jadi kita terbitkan Blue Notice untuk kita mintakan itu untuk dicari," kata Rikwanto di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, Rabu (14/6).

Penerbitan Blue Notice, Rikwanto menjelaskan, bertujuan untuk menanyakan keberadaan dan untuk mengetahui kegiatan Rizieq di Arab Saudi.

"Blue Notice itukan isinya menanyakan di mana dia, kegiatannya apa, posisi di mana, kegiatannya apa. Itu Blue Notice mencari tahu saja," ujarnya.

Selain itu, Rikwanto mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan polisi-polisi negara lain, termasuk dengan kepolisian Arab Saudi, untuk mencari keberadaan Rizieq yang terjerat kasus 'baladacintarizieq'.

"Police to police itu hubungan calling-callingan koordinasi dengan polisi negara sahabat. Itu dilakukan dengan polisi seluruh dunia. Lebih efektif police to police. Semua ada hubungan. Semua yang diduga dimana keberadaannya ada kita komunikasi," pungkasnya.

Baca Juga: Biadab, Bayi ini Dibuang di Kloset Toilet Mal dalam Keadaan Hidup
Duar! Rumah Dirut TransJakarta Dibom!

Kendati segala cara dilakukan untuk menangkap Rizieq yang sudah berstatus sebagai tersangka, Rikwanto mengatakan, Polri tetap mengikuti Undang-undang hukum internasional yang berlaku.

"Kita harus tunduk kepada Undang-undang dong juga kepada hukum internasional, mana yang bisa mana yang tidak. Dan itu terjadi di semua negara didunia," tutur dia.

Sebelumnya, National Central Bureau (NCB) atau Interpol Indonesia mengembalikan pengajuan Red Notice Rizieq Shihab. Sebab, penyidik Polda Metro Jaya dianggap kurang melengkapi persyaratan. (May)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

 Kapan Rizieq Kembali ke Indonesia, Ini Jawaban Pengacara Kapan Rizieq Kembali ke Indonesia, Ini Jawaban Pengacara
Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu! Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu!
Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq

#Jakarta #kadiv humas polri #red notice #rizieq buron #rizieq pulang #Rizieq Shihab #FPI Front Pembela Islam

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar