Festival Terbesar di Riau yang Diyakini Sudah Ratusan Tahun

Ritual Bakar Tongkang yang menjadi tradisi masyarakat Tionghoa di Bagan Siapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. (Foto: instagram.com/ @leehengki)

Arah -  Festival Bakar Tongkang merupakan acara tahunan terbesar di Riau.  Festival ini dilakukan oleh masyarakat Tionghoa di Riau untuk memperingati kehadiran masyarakat Tionghoa ke tanah Bagansiapiapi tahun 1820.

Menurut pantauan Arah.com, pengunjung dari luar daerah pun terlihat sangat antusias, sehingga memadati area Klenteng In Ho King. Hal tersebut membuat para pengunjung dari berbagai daerah tersebut ikut berdesakkan untuk dapat mengangkat Replika Kapal Tongkat.

Baca Juga: Enam Profesi yang Tetap Bertugas Saat Lebaran
Bakar Tongkang Usai, Ayo Wisata Lihat Penyu ke Pulau Jemur


Panitia penyelenggara Bakar Tongkang, Hasan mengatakan, hal itu dilakukan oleh pengunjung, karena mereka meyakini, jika ikut mengangkat Kapal Tongkat mereka akan diberi kemudahan dalam hidupnya.

"Karena kami memiliki keyakinan, bahwasannya jika kita ikut mengangkat kapal Tongkang yang akan dibakar itu, kita akan diberi kemudahan dalam hidup," katanya, saat ditemui arah.com di Klenteng In Hok King.

Diberitakan, pembakaran tongkang menandakan tekad mereka untuk tidak kembali ke tanah leluhur dan mengembangkan diri di Bagansiapiapi. Ritual ini telah diselenggarakan di Kota Ikan (Bagansiapiapi) sejak tahun 1878, atau sudah berlangsung sejak 134 tahun silam.

Berita Terkait

Kisah Heroik Pembuat Replika Kapal Tongkang Kisah Heroik Pembuat Replika Kapal Tongkang
Mengenal Cim Hua, Kertas Keramat Warga Bagansiapiapi Mengenal Cim Hua, Kertas Keramat Warga Bagansiapiapi
Ke Festival 'Bakar Tongkang'? Jangan Lupa Wisata ke Pulau Ini Ke Festival 'Bakar Tongkang'? Jangan Lupa Wisata ke Pulau Ini

#Jakarta #Bakar Tongkang #Bagansiapiapi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar