Inggris Tertarik Lelang PLTSA Makassar

Suasana lokasi proyek Mobile Power Plant (MPP) Pembangkit Listrik 2X50 MW usai dikunjungi Presiden Joko Widodo di Desa Jungkat, Kabupaten Mempawah, Kalbar, Kamis (2/6). Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa proyek pembangunan Mobile Power Plant (MPP) Pembangkit Listrik 2X50 MW yang mangkrak selama tujuh tahun dan telah menghabiskan biaya sebesar Rp1,5 Triliun tersebut, akan segera diselesaikan paling lama pada Desember 2016.(Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang)

Arah - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan Inggris tertarik mengikuti lelang terbuka atas beberapa proyek di kotanya termasuk pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa).

"Kami telah bertemu dan berbuka puasa bersama dengan Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik dan ada beberapa proyek yang kami perkenalkan kepadanya," ujarnya di Makassar, Jumat (16/6) dilansir dari Antara.

Wali Kota mengatakan proyek PLTSa yang sudah direncanakannya sejak setahun lalu itu masih mengalami banyak kendala, seperti aturan maupun pembiayaan.

Namun, dengan kebijakan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat melalui skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU), maka proyek itu mempunyai peluang besar untuk direalisasikan.

Apalagi, Inggris sudah lebih dulu menjalankan dan mengembangkan program energi terbarukan termasuk sampah.

"Saya memang tertarik dengan model 'waste to energy' yang dikembangkan London dengan menggunakan sistem plasma. Itu yang saya mau kembangkan di Makassar," tuturnya.

Dijelaskannya, sistem plasma adalah energi yang paling baru yang melebihi nuklir dan bahkan metode tersebut dinilainya lebih aman, ramah lingkungan, dan tanpa asap.

"Mereka sudah menggunakan energi yang terbarukan dan metodenya itu sangat aman, ramah lingkungan dan tanpa asap. Sangat cocok untuk kami aplikasikan di Makassar," jelasnya.

Baca Juga: Polda Jabar Turunkan 36 Ribu Personel Amankan Mudik Lebaran 2017
Ekspansi ke Eropa, Xiaomi Bangun Toko di Yunani

Dubes Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menilai Makassar adalah kota yang sedang berkembang dan mempunyai potensi untuk bisa seperti negara-negara maju lainnya.

Mengenai beberapa proyek yang sedang dikembangkan di kota Makassar, pihaknya menyambut baik dan akan ikut menjajaki peluang-peluang kerja sama itu.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Pembebasan Lahan 'Tol Listrik' Riau Capai 95 Persen Pembebasan Lahan 'Tol Listrik' Riau Capai 95 Persen
Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara
Pencoretan Merah Putih, Polisi Ringkus Seorang Terduga Pelaku Pencoretan Merah Putih, Polisi Ringkus Seorang Terduga Pelaku

#Jakarta #Pembangunan PLTSa #Listrik PLN #Pembangunan Listrik #Makassar #Wali Kota Makassar

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar