Cegah Konflik Sosial,Polisi Diminta Tertibkan Senjata Rakitan

Dok. Polri apel pengamanan. (Foto: Arah.com/ Restu Saputra)

Arah - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) meminta Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) menertibkan senjata rakitan yang dimiliki warga.

"Kami berharap agar Polda NTB melakukan operasi skala besar terhadap keberadaan senjata rakitan yang dimiliki warga, termasuk panah atau pun sejenisnya," kata Komisioner Kompolnas Andrea H Poeloengan di Mataram, Sabtu.

Operasi skala besar ini dimaksudkan untuk mengurangi dampak dari konflik sosial yang timbul di tengah masyarakat. Kompolnas khawatir jika keberadaan senjata rakitan ini dibiarkan, maka dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi masyarakat.

Seperti konflik sosial yang terjadi pada awal Ramadhan di Kabupaten Bima. Konflik sosial antarkampung itu saling mengandalkan senjata rakitan.

Akibatnya, tidak sedikit warga dari kedua belah pihak yang berkonflik menjadi korban. Bahkan pihak kepolisian yang meredam aksi ini pun turut menjadi korban dari kebrutalan warga.

Untuk itu, Kompolnas mengharapkan kepada Polda NTB beserta jajarannya segera melaksanakan operasi penertiban. Terutama di daerah yang rentan terjadinya konflik sosial.

Baca Juga: Presiden Iran Minta Serangan Senjata Kimia di Suriah Diselidiki
Serangan Udara Amerika Serikat Tewaskan 3 Polisi Afghanistan
Konflik Keraton Surakarta, Ganjar Pranowo: Ini Berdampak Negatif!

Selain operasi penertiban, Kompolnas meminta kepada Polda NTB untuk mengedepankan upaya persuasif, yakni dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait bahaya dari penggunaan senjata rakitan.

"Berikan imbauan untuk berhenti menggunakan dan memproduksinya, jika itu ada, minta agar mereka menyerahkannya ke pihak kepolisian," ujar Andrea.

Antara melansir, Jika masih tetap ada warga yang menggunakan atau pun memproduksinya, maka disarankan kepada Polda NTB untuk mengambil tindakan tegas.

"Jika masih saja kedapatan menggunakan senjata rakitan, maka bisa dipidanakan dengan Undang-Undang Darurat, ini bertujuan untuk memberikan efek jera," ucapnya.

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Ini Curahan Hati Pedagang, Korban Kebakaran Pasar Senen Ini Curahan Hati Pedagang, Korban Kebakaran Pasar Senen
Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara Penambahan Anggota DPR Diyakini Tak Akan Bebani Negara
Amankan Pilgub Banten, Ribuan Polisi Dikerahkan Amankan Pilgub Banten, Ribuan Polisi Dikerahkan

#Jakarta #Kepolisian #Kompolnas #Polda NTB #Senjata Rakitan #konflik

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar