TDL Naik, DPR: Pembenahan Infastruktur Listrik Lebih Penting

Ilustrasi: Seorang teknisi PLN membetulkan posisi kabel saat berada pada tiang listrik beton di jalan Monginsidi Baru Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, (30/9). Meningkatnya jumlah penduduk di wilayah perkotaan membuat distribusi listrik perkotaan ditambah guna memenuhi permintaan pelanggan termasuk peningkatan daya listrik akibat meningkatnya pemakaian barang elektronik. (ANTARA FOTO/Darwin Fatir)

Arah -  Anggota Komisi VI DPR, Fadhlullah menyatakan pembenahan infrastruktur listrik merupakan langkah yang paling penting dilakukan oleh Pemerintah ketimbang menaikkan tarif dasar listrik (TDL).

"Pemerintah jangan selalu memikirkan untuk menaikkan tarif sementara masyarakat masih menikmati pemadaman bergilir akibat belum maksimalnya kinerja pembangkit yang ada," katanya Sabtu (17/6/2017).

Ia menjelaskan rencana menaikkan tarif dasar listrik merupakan salah satu langkah yang belum tepat untuk diambil oleh Pemerintah saat ini mengingat masih banyaknya persoalan krisis listrik yang terjadi di sejumlah provinsi di Tanah Air.

"Semua persoalan listrik yang ada di Tanah Air harus dituntaskan terlebih dahulu oleh Pemerintah melalui PT PLN (Persero) sehingga masyarakat tidak mengeluh akan pelayanan perusahaan milik negara tersebut," tuturnya.

Baca Juga: Alamak! Gara-gara Foto Ariel Tatum, Pria Ini Diputusin Pacarnya
Duh Bripda Ismi Curhat, Isinya Bikin Mak Jleb Netizen!

Menurut dia kenaikan TDL di tengah belum adanya perbaikan infrastruktur dan tersedianya energi yang sesuai dengan kebutuhan setiap daerah akan menjadi sebuah beban besar bagi masyarakat di seluruh provinsi.

"Kami menolak terkait rencana Pemerintah untuk menaikkan TDL karena kebijakan tersebut akan memberatkan masyarakat," kata pria yang disapa Dek Fad itu.

Ia juga mendesak manajemen PT PLN untuk memberikan kenyamanan dan jaminan kepada seluruh pelanggan agar tidak terjadi lagi pemadaman bergilir.

"Pemadaman listrik justru sangat memberatkan dan merugikan masyarakat baik rumah tangga dan kalangan usaha kecil menengah yang usahanya bergantung pada ketersediaan energi listrik yang dipasok PT PLN," pungkasnya.

Ia mengatakan dirinya bersama anggota parlemen yang ada di Komisi VI akan memperjuangkan aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada mereka untuk menolak rencana kenaikan TDL yang direncanakan oleh pemerintah. (Antara)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

DPR RI Singgung Pemberitaan Media Bersifat Partisan DPR RI Singgung Pemberitaan Media Bersifat Partisan
Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK
Djarot Sebut Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Blok V Senen Djarot Sebut Pedagang Pasar Senen Akan Direlokasi ke Blok V Senen

#Jakarta #tarif listrik #Komisi IV DPR

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar