Waspada! BPOM Temukan Produk Mie yang Mengandung Babi

Mie instan (shutterstock)

Arah -  Produk Mie Samyang (U-Dong) dan Samyang (rasa Kimchi) dinyatakan positif mengandung fragmen babi dan ditarik oleh BPOM.

Produk mie yang dinyatakan mengandung fragmen babi itu yakni Samyang (mie instan U-Dong), Samyang (mie instan rasa Kimchi), Nongshim (mie instan Shin Ramyun Black) dan Ottogi (mie instan Yeul Ramen).

Dari siaran pers yang diterima, BPOM meminta penarikan produk mie asal korea itu karena mengandung fragmen babi.

Sehubungan dengan hal tium maka Badn POM memerintahkan;

1. Importir yang bersangkutan untuk melakukan penarikan produk-produk tersebut dari peredaran
2. Pencabutan nomor ijin edar karna tidak sesuai ketentuan
3. Public warning di laman Badan POM

Baca Juga: Mirip Kate Middleton, Cantiknya PNS Ini Bisa Bikin Puasa Batal
Duh Bripda Ismi Curhat, Isinya Bikin Mak Jleb Netizen!
Kaget Lihat Ahok, Djarot: Badannya Makin Kekar!

Sementara itu,  Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim menjelaskan, empat produk itu juga belum terdaftar di Majelis Ulama Indonesia.

"Samyang ada beberapa importir dan rasa jenis Samyang. Yang dirilis BPOM belum mendaftar sertifikasi halal juga, enggak ada bersertifikasi halal dan belum mendaftar ke MUI juga," katanya, Minggu (18/6/2017).

Namun, ia mengakui ada beberapa importir yang sedang mengajukan label halal. Namun tidak dengan ketiga produk yang di rilis Badan POM.

"Memang ada jenis rasa yang sedang mengajukan tapi tidak ada dalam daftar itu," kata Lukmanul.

Dia mengatakan, produk itu sudah mendapatkan nomer makanan luar negeri dari BPOM, sehingga mereka sudah diberikan masuk ke Indonesia oleh BPOM.

Lebih lanjut, ia menganjurkan, bagi produk yang ingin mendapatkan label halal, diharapkan mengajukan dokumen. Selanjutnya, MUI melakukan pemeriksaan pabrik ke Korea dan kemudian MUI memutuskan untuk memberikan label atau tidak.

"Setelah periksa pabrik kita bahas, kita rapatkan baik temuan maupun tidak ada temuan baru kemudian kita putuskan," tandasnya. (Ridwan)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Fatwa Dikriminalisasi, MUI Seperti Akan Dilenyapkan? Fatwa Dikriminalisasi, MUI Seperti Akan Dilenyapkan?
Netizen ‘Ngamuk’ Indomie Tak Masuk Daftar Mie Terlezat di Dunia Netizen ‘Ngamuk’ Indomie Tak Masuk Daftar Mie Terlezat di Dunia
Ini Kualifikasi KPUD DKI Tentukan Panelis dan Moderator Debat Ini Kualifikasi KPUD DKI Tentukan Panelis dan Moderator Debat

#Jakarta #mie instan #Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) #Daging Babi

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar