Ini Tanggapan Sandiaga Uno Mie Instan Korea Mengandung Babi

Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno ketika ditemui di awasan Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (18/6). (Foto: Arah.com/ Restu Saputra)

Arah - Produk Mie Asal Korea, Samyang (U-Dong) dan Samyang (rasa Kimchi) dinyatakan positif mengandung fragmen babi dan ditarik oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Produk mie yang dinyatakan mengandung fragmen babi itu yakni Samyang (mie instan U-Dong), Samyang (mie instan rasa Kimchi), Nongshim (mie instan Shin Ramyun Black) dan Ottogi (mie instan Yeul Ramen).

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Sandiaga Uno akan memastikan keamanan produk makanan yang masuk pasar konsumen saat nanti resmi menjabat sebagai Wagub DKI Jakarta.

"Kita harus ada (aturan), ini yang saya sama Pak Anies angkat. Kadang-kadang kita 'Take it for granted' di Indonesia karena mayoritas muslim semuanya dianggap halal. Jadi harus ada kinerja lebih baik antara kami di Pemprov dan BPOM untuk pastikan apa yang kita konsusmsi halal dan restoran diingatkan untuk menginfokan sejelasnya," ujar Sandiaga Uno di kawasan Kalideres, Jakarta Barat, Minggu (18/6).

Baca Juga: Lobster Ini Ditawar Rp13 Juta,Tapi Pemiliknya Pilih Lepas ke Alam
DPR Harapkan Suku Bunga Kredit Disatu Angka

Untuk diketahui, BPOM meminta penarikan produk mie asal korea itu karena mengandung fragmen babi. Atas hal itu maka Basan POM memerintahkan

1. Importir yang bersangkutan untuk melakukan penarikan produk-produk tersebut dari peredaran
2. Pencabutan nomor ijin edar karna tidak sesuai ketentuan
3. Public warning di laman Badan POM

Sementara itu,  Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakimmenjelaskan, empat produk itu juga belum terdaftar di Majelis UlamaIndonesia. "Samyang ada beberapa importir dan rasa jenis Samyang. Yang dirilis BPOMbelum mendaftar sertifikasihalal juga, enggak ada bersertifikasi halal dan belum mendaftar ke MUIjuga," katanya.

Namun, ia mengakui ada beberapa importir yang sedang mengajukan label halal. Namun tidak dengan ketiga produk yang di rilis Badan POM. "Memang ada jenis rasa yang sedang mengajukan tapi tidak ada dalam daftar itu," tukasnya. (Restu Saputra)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

MUI: Mie Mengandung Babi Itu Haram! MUI: Mie Mengandung Babi Itu Haram!
Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu Tiru Kalsel, Sandiaga Janjikan Pasar Terapung di Kepulauan Seribu
Begini Cara Anies-Sandi Penuhi 23 Janji Kampanyenya Begini Cara Anies-Sandi Penuhi 23 Janji Kampanyenya

#Jakarta #mie instan #Mengandung Babi #Mi Mengandung Babi #Sandiaga Uno

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar