Soal Mie Samyang Haram, Ini Kata Fadli Zon

Wakil ketua umum partai Gerindra, Fadli Zon di gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Kamis (20/4/2017). (foto/Arah.com/Mukied)

Arah -Wakil Ketua DPR Fadli Zon menyayangkan beredarnya produk mie instan yang mengandung babi. Pasalnya, makanan tersebut sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

"Ini banyak orang yang sudah makan produk itu. Mereka kalau ada orang yang komplain, pada siapa menuntut?" kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (19/6).

Karena itu, ia menegaskan harus ada sanksi tegas terkait permasalahan tersebut.

"Saya kira harus ada sanksi tegas dan keberlakuan hukum kepada pihak-pihak yang dianggap melanggar hukum (dalam kasus ini)," ujarnya.

Menurut Fadli, beredarnya mie haram tersebut lantaran adanya kelalaian dari importir serta pemerintah.

"Menurut saya, (kelalaian) ada dari importir dan pemerintah sebagai instansi yang punya kewenangan untk menyeleksi mana haram mana halal," ujarnya

[baca_juga]

Sebelumnya, Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika MUI, Lukmanul Hakim menjelaskan, produk-produk Samyang yang mengandung unsur babi itu belum terdaftar di Majelis Ulama Indonesia.

"Samyang ada beberapa importir dan rasa jenis Samyang. Yang dirilis BPOM belum mendaftar sertifikasi halal juga, enggak ada bersertifikasi halal dan belum mendaftar ke MUI juga," katanya, Minggu (18/6).

BPOM menyatakan ada kandundaan framgen babi dalam kandungan di beberapa produk mie Samyang. Produk mie yang dinyatakan mengandung fragmen babi itu yakni Samyang (mie instan U-Dong), Samyang (mie instan rasa Kimchi), Nongshim (mie instan Shin Ramyun Black) dan Ottogi (mie instan Yeul Ramen).

Dari siaran pers yang diterima Arah.com, Minggu (18/6), BPOM meminta penarikan produk mie asal korea tersebut dar peredaran.(May)

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Soal Mi Mengandung Babi, MUI Apresiasi Langkah BPOM Soal Mi Mengandung Babi, MUI Apresiasi Langkah BPOM
Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi? Fadli Zon Bicarakan Pemimpin Karbitan, Sindiran untuk Jokowi?
Waspada! BPOM Temukan Produk Mie yang Mengandung Babi Waspada! BPOM Temukan Produk Mie yang Mengandung Babi

#Jakarta #mie mengandung babi #mie instan #Haram #Fadli Zon #Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar