Liburan di Belitung? Awas Air Pasang Laut Sedang Tinggi!

Pantai Tanjung Kalayang di Kanupaten Belitung (belitungkab.co.id)

Arah - BMKG Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut pada sejumlah pesisir pantai yang berpotensi mencapai dua meter atau lebih pada Sabtu (24/6) di wilayah itu.

"Ketinggian pasang air laut di beberapa tempat berpotensi mancapai dua meter dan ini harus diwaspadai," ujar prakirawan dari Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang Rizki Adzani, Jumat.

BMKG memprakirakan ketinggian pasang air laut maksimum di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka mencapai 2,30 meter, Membalong Kabupaten Belitung 2,26 meter, serta pesisir Kepala Kampit Kabupaten Belitung Timur dan Toboali Kabupaten Bangka Selatan masing-masing setinggi 2,0 meter.

"Pasang air laut setinggi itu tentu dapat membahayakan keselamatan, karenanya warga harus waspada dengan tidak beraktivitas di kawasan pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas," katanya seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Geger, Lahir Seekor Kambing Mirip Bayi Manusia Bikin Takut Warga
Stres di Kantor? Cobain Deh Cara Unik dari Jepang Ini

Selain itu rata-rata ketinggian pasang air laut maksimum pada wilayah pesisir pantai lain diprakirakan di bawah dua meter. Di Muntok Kabupaten Bangka Barat 1,85 meter, Belinyu Kabupaten Bangka 1,63 meter, dan Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,55 meter.

Sementara itu BMKG memprakirakan ketinggian gelombang laut pada kawasan perairan dan jalur-jalur penyeberangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Sabtu relatif normal dan aman untuk pelayaran.

Ketinggian gelombang signifikan di perairan diprakirakan hanya antara 0,25 sampai 1,0 meter, sementara kecepatan angin juga relatif normal 8 hingga 30 kilometer per jam yang bergerak dari Timur ke Selatan.

Namun demikian para nelayan tradisional dan juga pengguna jasa angkutan laut tetap diimbau agar waspada dan tidak lupa membawa perlengkapan keselamatan sebagai antisipasi dini menghadapi segala macam kemungkinan bahaya di laut.

"Kewaspadaan tetap harus diutamakan karena ketinggian gelombang dapat saja berubah secara tiba-tiba tergantung cuaca di perairan, apalagi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," ujar Rizki Adzani.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diprakirakan berawan dan cerah berawan dengan potensi hujan ringan dan hujan lokal hampir merata di seluruh daratan terutama pada siang hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan pada kisaran 20 kilometer per jam dengan suhu 24-32 derajat celsius dan kelembaban udara 65-95 persen.

Video Trending Pilihan Jakarta:

Berita Terkait

Rekonstruksi Perampokan Pulomas, Polisi Gelar 75 Adegan Rekonstruksi Perampokan Pulomas, Polisi Gelar 75 Adegan
Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu! Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu!
Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq

#Jakarta #Bangka Belitung #Wisata Belitung #Pasang air laut #Air Pasang (ROB)

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar