Peringatkan FPI, Wakapolda Metro: Syiar Islam Jangan di Jalan!

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Suntana. (arah.com/Wildan)

Arah - Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana mengimbau Front Pembela Islam (FPI) tidak melakukan syiar dan takbir keliling kawasan Jakarta. Menurut Suntana, syiar tidak harus dilakukan di jalanan.

"Syiar Islam tidak harus dilakukan di jalan. Syiar Islam bisa dilakukan di masjid, takbir keliling tidak usah dilakukan. Mereka bisa memanfaatkan suasana takbir untuk memakmurkan masjid. Bersalawat, berzikir, dan takbir di tempat masing-masing," kata Suntana di Markas Polda Metro Jaya, Sabtu  (24/6)

Suntana meminta FPI memahami soal keamanan dan ketertiban masyarakat, serta adanya potensi kemacetan dengan adanya syiar keliling. Sebab, hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab melakukan aksi yang tidak diinginkan.

"Jadi saya mohon pengertiannya, kalau mau melakukan takbir silahkan saja, tapi lakukan takbir di Masjid Petamburan. Seluruh masyarakat tidak perlu melakukan takbir di jalan seperti imbauan Gubernur DKI Jakarta dan tentunya dari Kapolda," ujarnya.

Baca Juga: Jelang Penentuan 1 Syawal, Menag Dibekali Laporan Tim Rukyatul
Bukan Dongeng, Penyelam Ini Berteman Dengan Ikan Selama 25 Tahun

Suntana mengaku, polda mempunyai berbagai alasan untuk melarang aksi takbir keliling. Karena itu, ia siap bila ada kekecewaan dari pihak FPI.

"Ada alasan Sosiologis, Psikologis, dan berdasarkan analisa dari Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). Silahkan jika FPI tidak terima, kami menerima itu, kami sadari ada pertimbangan mengapa polisi melakukan hal ini," pungkasnya.

Sebelumnya, FPI berencana akan melakukan aksi syiar keliling setelah pengumuman resmi jatuhnya hari raya Idul Fitri atau 1 Syawal 1438 Hijriah. Rencananya, takbir keliling tersebut akan dimulai pada pukul 19.00 WIB dari Kantor Kementerian Agama. (May Rahmadi)

Selalu update berita politik hanya di arah.com

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

4 Olahan Buah Kurma yang Lezat Disantap saat Libur Lebaran 4 Olahan Buah Kurma yang Lezat Disantap saat Libur Lebaran
Warga Rela Antre Demi Bersilaturahmi dengan Jusuf Kalla Warga Rela Antre Demi Bersilaturahmi dengan Jusuf Kalla
Ini Perbedaan Mencolok Lebaran di Indonesia dengan Arab Saudi Ini Perbedaan Mencolok Lebaran di Indonesia dengan Arab Saudi

#Jakarta #Wakapolda Metro Jaya #FPI Front Pembela Islam #Malam Takbiran #Idul Fitri 2017 #Idul Fitri 1438 H

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar