2017, Volvo Ganti Kunci Mobil dengan Aplikasi

Volvo menggantikan fungsi kunci mobil dengan aplikasi di ponsel pintar. (Volvo)

Arah -  Mengendarai mobil tanpa kunci? Itu sudah biasa. Tapi, membeli mobil tanpa kunci sama sekali, ini baru luar biasa. Selain alasan keamanan, kunci biasanya dipakai untuk menyalakan mesin mobil. Nah, jika tidak ada kunci, lantas bagaimana membuka dan menyalakan mobilnya?

Setelah melalui beberapa eksperimen, produsen mobil asal Swedia, Volvo Cars, akhirnya berani membuat terobosan untuk industri otomotif.

Produsen ini siap menjadi produsen mobil pertama di dunia yang menawarkan mobil tanpa kunci pada tahun 2017. Hal ini terungkap melalui keterangan Volvo dalam website resminya.

Untuk membuka pintu mobil, pengguna tidak lagi menekan tombol fisik pada remote, melainkan aplikasi di ponsel mereka. Aplikasi befungsi sebagai kunci digital, yang terhubung dengan mobil Volvo melalui koneksi Bluetooth.

Dengan inovasi ini, Volvo berharap kunci mobil bisa lebih fleksibel, menempel di ponsel, tanpa perlu khawatir kehilangan atau ketinggalan di suatu tempat.

Sebagai kunci digital, aplikasi baru Volvo pun dimungkinkan untuk melakukan segala sesuatu yang kunci fisik lakukan—termasuk membuka pintu mobil, mengaktifkan alarm, dan menyalakan mesin mobil.

Asyiknya lagi, satu aplikasi di ponsel bisa digunakan untuk beberapa mobil Volvo di lokasi yang berbeda. Sehingga Anda tidak perlu khawatir membawa beberapa kunci untuk beberapa mobil. Praktis, kan?

Tapi, bagaimana jika ponsel Anda hilang? Atau, dicuri orang? Tenang saja. Untuk mengaktifkan aplikasi ini, tentu Anda harus menggunakan kata sandi (password). Dan, jika ponsel hilang, cukup blokir akun Anda dari jauh. Ke depannya, Anda pun bisa melacak mobil yang diambil pencuri.

Tak hanya itu, dengan aplikasi, pengguna bisa menyewa mobil di mana saja. Setelah melakukan pemesanan ke perusahaan rental, maka kunci digital akan langsung terkirim ke ponsel Anda. Untuk mencari mobil di tempar parkir, tinggal nyalakan GPS di ponsel, lacak, lalu buka kunci mobil. Ya, Anda siap berkendara.

"Teknologi harus membuat hidup pelanggan kami lebih mudah dan hemat waktu. Kebutuhan mobilitas terus berkembang, begitu juga harapan pelanggan untuk mengakses mobil dengan cara yang tidak rumit," ujar Henrik Green, Wakil Presiden Strategi Produk dan Manajemen Kendaraan Volvo Cars.

Untuk memastikan inovasinya ini berjalan lancar, selama musim semi 2016, Volvo akan melakukan serangkaian pengujian bersama perusahaan rental Sunfleet di Bandara Gothenburg, Swedia. Jika hasil uji coba mulus, awal tahun 2017, teknologi ini akan hadir secara global. Jadi, tunggu saja tanggal mainnya.

Bagi Anda yang masih bingung dengan cara kerjanya? Berikut videonya:

Berita Terkait

Produksi Mobil Listrik Tesla Kian Dekat ke Indonesia Produksi Mobil Listrik Tesla Kian Dekat ke Indonesia
Tantang Malaikat Maut, Volvo akan Rilis Mobil Anti-Kematian Tantang Malaikat Maut, Volvo akan Rilis Mobil Anti-Kematian
Dibuka, 36 Lowongan Kerja untuk Proyek Google X Dibuka, 36 Lowongan Kerja untuk Proyek Google X

#Volvo #teknologi #Mobil Listrik/ Elektrik #Aplikasi Mobile #mobil premium #Mobil Baru #mobil

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar