Antisipasi Macet Panjang, Tol Cikarang Akan Digratiskan

Tol Cikarang ke Cipali. (Foto: Arah.com/ Haryanto)

Arah - Jelang arus balik mudik Lebaran 2017, pemerintah mulai mengantisipasi penumpukan kendaraan yang sangat lama ke arah Jakarta.

Selain memberlakukan sistem contra flow dan buka tutup di rest area, pihak kepolisian bersama pihak pemerintah dan pengelola jalan tol akan melakukan langkah pamungkas, yaitu menggratiskan pembayaran di gerbang tol Cikarang utama.

"Kalau kita liat kapasitas pergerakan kendaraan terjadi penurunan, maka satu satunya jalan adalah exit gerbang tol Cikarang utama kita gratiskan, itu salah satu jalan pamungkasnya," ungkap Dirlantas Polda Jawa Barat, Tomex Kurniawan, Purwakarta, Rabu (28/6/2017).

Selain langkah akhir tersebut, pihaknya juga melakukan perhitungan yang dapat memprediksi waktu-waktu penumpukan kendaraan, yang dilihat dari jumlah kendaraan yang masuk dan mengarah menuju ibukota.

"Sebagaimana arus mudik, kita telah membuat skenario untuk arus balik nanti. Kita akan menghitung betul intran untuk membaca kapasitas kendaraan yang melintas, dari Palimanan menuju  Cipali dan Cikampek, kemudian intran dari cileunyi menuju Purbaleunyi yang nantinya akan ada pertemuan di KM 66, sampe dengan KM 31 gerbang utama," jelasnya.

Baca Juga: Waspada, Ransomware Kembali Serang Jaringan Komputer Dunia
Gara-gara Hal Ini, 'Kembaran' Messi Dibawa ke Kantor Polisi

Termasuk memberlakukan sistem contra flow untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan di KM 61 hingga KM 33. Sistem tersebut telah disiapkan sejak besok, Kamis (29/6/2017) hingga berakhirnya arus balik lebaran 2017.

"Kita akan persiapkan Contra flow di hari Kamis, pake atau tidak dipake, kita akan siapkan. Ini adalah salah satu cara untuk membantu menyeimbangkan arus dari 4 lajur menjadi 5 lajur di Cikarang utama," tambah Tomex.

Dirinya menambahkan, pihaknya akan melakukan langkah proaktif dengan membuka tutup rest area, yang masih menjadi penyumbang penumpukan kendaraan di ruas tol.

"Kapasitas daya tampung rest area sudah memenuhi 85 hingga 90 persen, ada ruang space 10% untuk berkendara maka rest area kita tutup dan lanjutkan ke rest area berikut, supaya tidak terjadi penumpukan pada ruas jalan yang terlewati," pungkasnya. (Haryanto)

Berita politik terkini lainnya hanya di arah.com

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

600 Ribu Kendaraan Diperkirakan Masuk Jakarta Hingga Minggu Besok 600 Ribu Kendaraan Diperkirakan Masuk Jakarta Hingga Minggu Besok
Bandara Soekarno-Hatta Alami Kenaikan Penumpang Hingga 13 Persen Bandara Soekarno-Hatta Alami Kenaikan Penumpang Hingga 13 Persen
Arus Balik, Tol Cikampek Menuju Jakarta Macet Arus Balik, Tol Cikampek Menuju Jakarta Macet

#Jakarta #Tol Cikarang Utama #Cikarang #Arus Balik #Pengamanan arus balik mudik Lebaran #Mudik Lebaran #Lebaran 2017

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar