Trump untuk Pertama Kalinya Bertemu Vladimir Putin di KTT G20

Presiden AS Donald Trump .(foto/Reuters/Jonathan Ernst)

Arah -  Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk pertama kalinya akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada konferensi tingkat tinggi (KTT) negara-negara berperekonomian kuat dunia G20, di Jerman, pekan depan.

Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih H.R. McMaster mengatakan bahwa agenda pertemuan Trump dan Putin di acara puncak G20 di Hamburg itu belum ditentukan.

Tuduhan, bahwa Rusia mencampuri pemilihan presiden tahun lalu serta berkomplot dengan tim kampanye Trump, kerap membayangi kemenangan tak terduga Trump serta masa lima bulan pertamanya menjabat sebagai presiden.

Kedua negara juga berbeda sikap soal perang saudara di Suriah. Moskow mendukung Presiden Bashar al-Assad sementara Amerika Serikat menyokong kelompok-kelompok pemberontak yang berupaya menggulingkan Bashar.

Washington juga membuat Rusia marah dengan melancarkan serangan peluru kendali ke sebuah pangkalan udara pemerintah Suriah pada April.

Baca Juga: Ini Cara Sederhana Berihkan Paru-Paru dari Polusi Udara
Pemkab Bekasi Minta Pemudik Tidak Kembali Mengajak Saudara

Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel mengatakan Jerman berharap dapat mempertemukan Putin dan Trump pada pertemuan puncak.

Sebelumnya, kantor kepresidenan Rusia, Kremlin, mengatakan Putin dan Trump akan bertemu di sela-sela penyelenggaraan KTT G20 namun tidak akan melakukan pertemuan secara terpisah.

"Mereka (Putin dan Trump) bagaimana pun akan bertemu di sana, di sela-sela pertemuan puncak ini, tapi untuk saat ini tidak ada rencana melakukan pertemuan (secara terpisah)," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada para wartawan.

Pada Rabu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan "mungkin tidak pantas" kalau Putin dan Trump tidak berbicara antara satu sama lain pada pertemuan puncak tersebut.

Selalu update berita politik hanya di arah.com

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Donald Trump Suarakan Islam Radikal, Indonesia Tak Perlu Tersudut Donald Trump Suarakan Islam Radikal, Indonesia Tak Perlu Tersudut
Trump Jadi Presiden AS, Produk Unggulan RI ini Terancam! Trump Jadi Presiden AS, Produk Unggulan RI ini Terancam!
Trump Undang Presiden Korsel Trump Undang Presiden Korsel

#Jakarta #Presiden Amerika Serikat Donald Trump #Donald Trump #Vladimir Putin #KTT G-20

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar