Wabah Kolera di Yaman Menewaskan 1.500 Penduduk

Sejumlah wanita terinfeksi kolera di rawat di rumah sakit di kota pelabutan Laut Merah, Hodeidah, Yaman. (Foto: REUTERS/Abduljabbar Zeyad)

Arah -  Jumlah korban tewas akibat wabah kolera di Yaman meningkat menjadi 1.500 orang, kata Nevio Zagaria, perwakilan Badan Kesehatan Dunia (WHO) di Yaman, pada Sabtu (2/7).

Yaman porak-poranda akibat perang 27 bulan antara pasukan gabungan pimpinan Saudi dan kelompok Houthi, yang bersekutu dengan Iran, menjadikannya tempat bagi perkembangbiakan wabah penyakit kolera.

Wabah kolera menyebar melalui kotoran bercampur makanan atau air dan tumbuh subur di tempat dengan kebersihan buruk.

Saat berbicara pada jumpa pers bersama dengan perwakilan dari Dana PBB untuk Anak-anak (UNICEF) dan Bank Dunia, Zagaria mengatakan bahwa ditemukan sekitar 246.000 penderita hingga 30 Juni, dilansir Reuters, Minggu (2/7).

Baca Juga: Ini 4 Strategi Google Bendung Aksi Terorisme di Dunia Maya
Arus Balik, Tol Cikampek Menuju Jakarta Macet

WHO mengatakan pada pekan ini bahwa penyebaran wabah tersebut mencapai titik tengah pada 218.798 penderita, karena upaya besar tanggap darurat mulai membatasi penyebarannya dalam dua bulan belakangan.

Meskipun sebagian besar infrastruktur kesehatan Yaman rusak dan petugas kesehatan belum menerima bayaran lebih dari enam bulan, WHO memberikan "insentif" kepada dokter, perawat, petugas kebersihan dan paramedis yang berperan dalam jaringan darurat memberantas kolera.

Dengan bantuan dana dari Bank Dunia, WHO menyiapkan pusat perawatan dengan masing-masing 50-60 tempat tidur, diawasi sekitar 14 pegawai, yang bekerja sepanjang waktu dengan secara bergilir.

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

 Darurat! Kolera Kini Serang Yaman Darurat! Kolera Kini Serang Yaman
Serangan AS Pertama Era Presiden Trump, Tewaskan Warga di Yaman Serangan AS Pertama Era Presiden Trump, Tewaskan Warga di Yaman
Serangan Pesawat Tanpa Awak AS, Empat Anggota Alqaeda Tewas Serangan Pesawat Tanpa Awak AS, Empat Anggota Alqaeda Tewas

#Jakarta #Perang Yaman #Yaman #Kolera

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar