Cara Nikmat Perbaiki Memori dengan Makan Cokelat

Cokelat Hitam (Shutterstock)

Arah -  Pada penelitian-penelitian sebelumnya, para periset mengatakan zat kimia dalam cokelat yang disebut flavanol dapat melawan efek kurang tidur dan karena itu dapat membantu penderita insomnia. Studi mereka yang terbaru menemukan manfaat flavanol untuk kesehatan memori atau ingatan.

Flavanol adalah senyawa alami yang meningkatkan fungsi otak yang ditemukan berlimpah dalam biji kakao.
Studi tersebut, dari periset di Universitas L'Aquila, Italia, menemukan bahwa perhatian, kecepatan pemrosesan otak, memori kerja, dan kelancaran bicara pada orang tua semuanya dapat ditingkatkan dengan konsumdi flavanol dalam dosis tertentu setiap hari.

Ini, kata periset, berarti cokelat suatu hari nanti bisa digunakan untuk mengobati orang-orang yang rentan atau yang memorinya melemah.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Bedakan Es Batu Air Matang dan Air Mentah
Ini Lho Manfaat Membacakan Cerita untuk Anak

"Hasil ini menunjukkan potensi flavanol kakao untuk melindungi kognisi pada mereka yang rentan mengalami pelemahan memori," kata penulis studi Dr Valentina Socci dilansir DailyMail.

Namun demikian, para periset juga memperingatkan potensi efek samping makan cokelat.

"Mereka umumnya terkait dengan nilai kalori cokelat, beberapa senyawa kimia inheren dari tanaman kakao seperti kafein dan theobromine, dan berbagai aditif yang kita tambahkan ke cokelat seperti gula atau susu," kata Dr Socci.

Dalam penelitian ini, tim mengeksplorasi apa yang terjadi pada otak Anda sampai beberapa jam setelah Anda memakan flavanol kakao. Banyak penelitian menunjukkan flavanols memiliki efek positif pada fungsi otak.

Peserta menunjukkan, antara lain, penyempurnaan dalam tes memori dan kemampuan pemrosesan visual yang lebih cepat setelah memiliki flavanol kakao.
Bagi wanita, mengonsumsi kakao setelah malam kurang tidur total justru menangkal beberapa efek kelelahan. Para periset mengatakan bahwa hasil ini menjanjikan bagi orang-orang yang menderita kekurangan tidur kronis atau shift kerja.

Video Trending Pilihan Redaksi

----

Berita Terkait

Yuk Makan Coklat untuk Tingkatkan Daya Ingat Yuk Makan Coklat untuk Tingkatkan Daya Ingat
Hmm, Cokelat Ini Bebas Dimakan Tanpa Khawatir Bikin Gemuk Hmm, Cokelat Ini Bebas Dimakan Tanpa Khawatir Bikin Gemuk
Jangan Takut Gemuk, Konsumsi Cokelat Ternyata Bagus Jantung Jangan Takut Gemuk, Konsumsi Cokelat Ternyata Bagus Jantung

#Jakarta #khasiat cokelat #Manfaat Cokelat #Info Kesehatan #kesehatan otak

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar