Dua Pejabat Turki Tewas Dibunuh Petempur Kurdi

Ilustrasi penembakan (Shutterstock)

Arah -Petempur Kurdi menembak mati dua pejabat Partai AK, yang berkuasa, di Turki tenggara pada akhir pekan lalu, kata pihak berwenang.

Orhan Mercan, wakil kepala Partai AK di distrik Lice, provinsi Diyarbakir, ditembak di depan rumahnya pada Jumat malam dan meninggal di rumah sakit, kata pernyataan kantor gubernur provinsi tersebut.

Beberapa petempur membunuh Aydin Ahi, wakil kepala Partai AK di distrik Ozalp, provinsi Van, pada Sabtu malam, kata penyataan kegubernuran.

Sumber keamanan mengatakan bahwa sejumlah orang bersenjata menculik Ahi dari rumahnya dengan menodongkan senjata dan membunuhnya di lingkungan sekitar kediamannya.

Baca Juga: Kritik Trump, Turki Minta AS Berhenti Dukung 'Teroris' Suriah
9 Penjaga Perbatasan Dibunuh, Iran Panggil Duta Besar Pakistan

Menteri Energi Berat Albayrak membuat tulisan pada akun Twitter-nya, menyatakan bahwa para gerilyawan Partai Kurdistan (PKK) membunuh kedua pejabat tersebut.

Belum ada tanggapan mengenai serangan dari PKK itu, namun kelompok tersebut sebelumnya telah menyasar pejabat dari partai AK pada masa lalu.

PKK angkat senjata melawan Turki pada 1984 dan lebih dari 40.000 orang, kebanyakan suku Kurdi, tewas akibat konflik. Ini ditunjuk PKK dinyatakan sebagai kelompok teroris oleh Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Reuters melansir, kesepakatan gencatan senjata pemerintah Turki dengan PKK berakhir pada Juli 2015 dan wilayah tenggara Turki kemudian mengalami beberapa kekerasan terburuk sejak pemberontakan dimulai.

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Militer Turki Gempur Pertahanan ISIS, 65 Orang Tewas Militer Turki Gempur Pertahanan ISIS, 65 Orang Tewas
Serangan Roket ke Kantor Polisi Turki, Seorang Pelaku Diamankan Serangan Roket ke Kantor Polisi Turki, Seorang Pelaku Diamankan
Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan

#Jakarta #Teror Turki #Turki #Militan Kurdi #tewas

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar