Ternyata, Sebelum Jatuh Helikopter Basarnas Lakukan...

Petugas Badan SAR Nasional (Basarnas) mengecek helikopter jenis AS-365 N3+ sebelum melakukan pantauan udara arus mudik Jateng di Lanumad Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (23/6). Basarnas Jateng menyiagakan sebuah helikopter berkapasitas 10 penumpang beserta satu pilot dan satu co-pilot untuk antisipasi evakuasi keadaan darurat pemudik selama 24 jam saat arus mudik dan balik Lebaran di wilayah Jateng.(foto/antara/Aji Styawan)

Arah - Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jendral Polisi Tito Karnavian turut berduka cita atas jatuhnya helikopter milik Badan SAR Nasional (Basarnas) yang menabrak tebing pegunungan Sindoro di Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

"Saya turut berduka cita sedalam-dalamnya ya, karena heli Basarnas ini selalu bersama-sama kita, tadinya itu ditempatkan di daerah Gringsing Brebes sebagai ambulan udara," kata Jenderal Polisi Tito Karnavian di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (3/7).

Tito menjelaskan, bahwa helikopter milik Basarnas tersebut sebelumnya ditugaskan untuk membantu aparat kepolisian melaksanakan tugas Ramadhaniya di daerah Gringsing, Brebes. Hal itu dilakukan untuk mengevakuasi para pemudik jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan melalui jalur udara.

[baca_juga]

Namun atas dasar pimpinan Basarnas, helikopter tersebut ditugaskan menuju ke kawasan Kawah Sileri, Dieng, Jawa Tengah guna melakukan evakuasi korban lumpur dingin.

"Ketika ada peristiwa Dieng meletus, maka dari Basarnas atas perintah pimpinannya helikopter itu berangkat untuk mengevakuasi korban," tuturnya.

Lebih lanjut, Mantan Kapolda Metro Jaya itu belum mengetahui penyebab pasti jatuhnya helikopter Basarnas yang menewaskan delapan orang meninggal dunia. "kita kurang tahu penyebabnya, kita sudah kirimkan petugas dari KNKT untuk menangani," tandasnya. (Muhamad Ridwan)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri Dituding Keliru Oleh Sylviana Murni, Ini Balasan Polri
Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq? Bertemu Kapolri, Henry Yosodiningrat Akan Lapor Habib Rizieq?
Ini Strategi Pengamanan Raja Salman Selama di Indonesia Ini Strategi Pengamanan Raja Salman Selama di Indonesia

#Jakarta #Mabes Polri #Kecelakaan Helikopter #Helikopter Dolphin Basarnas #Basarnas

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar