Soal Pembekuan Akun Driver, Grab: Mereka Terbukti Curang!

Ratusan pengemudi Grabcar melakukan demonstrasi di PT. Grab Indonesia (Foto: Arah.com/May)

Arah -Managing Director PT. Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengungkapkan alasan pembekuan akun ratusan mitra Grab Car. Ridzki mengatakan, semua akun driver yang mengalami pembekuan adalah yang terindikasi melakukan kecurangan.

"Kami sampaikan bahwa seluruh mitra pengemudi GrabCar yang diberhentikan sementara, telah terindikasi melakukan perbuatan curang/fraud yang melanggar kode etik mitra pengemudi Grab," kata Ridzki kepada awak media, Selasa (4/7).

Ridzki menjelaskan, perbuatan curang/fraud yang dilakukan sekitar 300 driver itu berbentuk pembuatan order fiktif, penggunaan aplikasi fake GPS untuk mencurangi system, dan menggunakan aplikasi tambahan untuk tidak mengambil pemesanan. Ia mengaku aturan tersebut telah diketahui oleh para driver.

"Jenis pelanggaran ini dan sanksinya telah diberitahukan dan disetujui oleh mitra pengemudi berdasarkan pengarahan kepada mitra pengemudi mengenai kode etik Grab, dan persyaratan insentif yang telah dilakukan sejak hari pertama mereka bergabung di Grab," pungkasnya.

Baca Juga: Tanggapi Aksi Demo Driver, Grab: Jika Keberatan, Silahkan Pindah
Tuntut Hak, Ratusan Pengemudi Grab Kepung Kantor Grab

Di sisi lain, Ketua Front Driver Online Nuradim alias Aris Clowor, yang mewakili para driver dalam menuntut haknya ke PT. Grab Indonesia, mengaku tidak pernah mendapatkan penjelasan dan bukti terhadap tuduhan tersebut.

"Kami dituduh melakukan kecurangan, tapi kami tidak ditunjukkan buktinya," keluhnya.

Karena itu, Aris beserta ratusan driver Grab Car lainnya melakukan aksi demonstrasi di depan kantor operasional PT. Grab Indonesia, Gedung Maspion, Gunung Sahari, Pademangan, Jakarta Utara, hari ini. Tuduhan curang tersebut juga menjadi isu di demo yang berlangsung pada 10.00 WIB sampai 12.00 WIB tadi. Mereka menuntut klarifikasi mengenai hal tersebut.

Pihak PT. Grab Indonesia menegaskan, demonstrasi itu tidak mempengaruhi kinerja pelayanannya. Rizki mengimbau para pengemudi Grab Car yang tidak menjadi bagian dari aksi agar tetap fokus pada pekerjaannya.

"Hal ini tidak akan mempengaruhi pelayanan terhadap pelanggan dan mitra pengemudi lainnya. Kami mengimbau mitra pengemudi lainnya (yang mencari nafkah secara gigih dan jujur) untuk tetap menjalankan kegiatannya dan tidak terpengaruh oleh sebagian kecil kelompok pengemudi yang melakukan unjuk rasa tanpa menghormati kesepakatan," tandasnya. (May)

Video Trending Pilihan Redaksi

Berita Terkait

Go-Jek, Grab dan Uber Tanggapi Soal Revisi Permenhub Go-Jek, Grab dan Uber Tanggapi Soal Revisi Permenhub
Sopir Angkot Demo, Polres Bandung Siapkan 150 Bus Untuk Warga Sopir Angkot Demo, Polres Bandung Siapkan 150 Bus Untuk Warga
Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK Patrialis Akbar Terjaring OTT KPK? Ini Tanggapan MK

#Jakarta #Grab #Taksi Online #Demonstrasi #curang

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar