Pelibatan TNI dalam Penggusuran, Peneliti: Mereka Melanggar UU

Lebih dari 4 ribu aparat dari Kepolisian, Satpol PP, TNI, serta aparat Pemprov DKI lainnya menggelar apel kesiagaan, Senin (11/4). Apel dilaksanakan menjelang penggusuran Pasar Ikan, Kp. Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara. (Foto: arah.com/ Helmi Shemi)

Arah - Peneliti Indonesian Research Studies, Marwan Batubara menanggapi sejumlah penggusuran dan penertiban yang dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan melibatkan anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Menurutnya, keputusan pemerintah yang membiarkan TNI dan Polri diikutsertakan dalam proses penggusuran merupakan pelanggaran undang-undang.

"Tentara dipakai malah untuk menindas masyarakat begitu juga polisi, apa yang mereka lakukan sudah melanggar UU TNI dan Kepolisian," tandas Marwan dalam diskusi yang bertajuk “Reklamasi Untuk China?” di Aula Dewan Harian Nasioanal di Museum Juang 45, Rabu (18/5/2016).

Marwan juga menyatakan, Presiden sebagai Panglima tertinggi negara seharusnya tidak boleh membiarkan praktik yang terkesan pembiaran ini terus berlanjut.

"Presiden diam saja, padahal Panglima tertinggi ini, kok didiamkan. Harusnya Presiden bersuara terhadap kolaborasi Gubernur dan TNI-Polri dalam penggusuran," kata Marwan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan penggusuran permukiman warga membantah telah melibatkan TNI. Ahok menyatakan, TNI yang terlibat di penggusuran merupakan permintaan kepolisian. (Ridho Fauzan)

Berita Terkait

Ahok Sindir Tenda yang Berdiri di Lokasi Gusuran Pasar Ikan Ahok Sindir Tenda yang Berdiri di Lokasi Gusuran Pasar Ikan
Ahok Siapkan Rusun, Ini Fasilitas Menggiurkan untuk Warga Ahok Siapkan Rusun, Ini Fasilitas Menggiurkan untuk Warga
Warga Mengeluh Soal Rusun, Ahok: Rusun Sebelumnya Tak Layak Huni Warga Mengeluh Soal Rusun, Ahok: Rusun Sebelumnya Tak Layak Huni

#Penggusuran Permukiman #Penggusuran Pasar Ikan #Korban Penggusuran #Satpol PP Pemprov DKI Jakarta #TNI/Polri

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar