5 Alasan Mengerikan yang Bikin Ingin Berhenti Minum Soda

ilustrasi minuman bersoda (shutterstock)

Arah -  Bayangkan minuman soda dengan es, ditenggak saat cuaca panas dan matahari bersinar terik-teriknya. Duh! Sungguh sangat nikmat ya.

Jangankan saat cuaca panas, minuman soda juga asyik diteguk di berbagai kesempatan lain. Saat menemani kerja, pendamping cemilan waktu nonton di bioskop, minuman ketika nongkrong bareng teman. Terlebih lagi rasanya yang beragam. Rasa kola, rasa lemon, hingga rasa buah-buahan lain seperti stroberi, anggur dan jeruk. Wah, soda sudah jadi minuman favorit banyak orang.

Tapi di balik kenikmatan tersebut ternyata ada bahaya kesehatan yang mengintai. Nah, berikut lima hal yang dilansir Wake Up World yang jika Anda baca, niscaya Anda akan berpikir dua kali setiap akan meminum soda.

1. Kandungan soda yang bikin gemuk
Butuh disadari, minuman bersoda tidak punya kandungan gizi sedikitpun. Kalau peneliti bilang, minum soda tidak ada manfaatnya sama sekali. Selain itu, penelitian menemukan soda punya kandungan fruktosa sirup jagung ang sangat tinggi, yang memicu terproduksinya hormon yang menimbulkan rasa lapar. Sehingga dengan minum soda, Anda akan merasa lapar lebih dari yang Anda rasakan sebenarnya.

Penelitian lain menyebut, ada kandungan lain dalam minuman soda yang mengganggu penyerapan nutrisi dalam usus halus. Sudahlah bikin merasa lapar, nutrisi makanan tak terserap dengan baik pula. Ditambah lagi dengan risiko lainnya yang berujung pada obesitas, diabetes dan gangguan kerja jantung.

Baca Juga: Patut Ditiru, Ini Rahasia Kulit Cantik Ala Istri Rasulullah SAW
Dibuang Sayang, Ini Kreasi Kuliner Memanfaatkan Kue Sisa Lebaran

2. Modifikasi komposisi yang rumit
Zaman dulu untuk membuat minuman manis dalam kemasan, industri menggunakan gula tebu asli. Tapi sekarang, yang dipakai adalah fruktosa sirup jagung atau high fructose corn syrup (HFCS). Proses produksi sirup jagung sendiri menggunakan tumbuhan jagung yang dimodifikasi pula secara genetik. Belum lagi jika kebun jagungnya ditumbuhkan dengan semprotan pestisida kimia. Bayangkan betapa rumit kandungan kimiawi yang ada di dalam sebotol minuman soda. Alih-alih merasa lega karena mengusir dahaga, kehadiran miuman soda dalam tubuh malah bikin tubuh repot mencernanya.

Berita Terkait

Demi Kesehatan Warga, AS Berlakukan Pajak Minuman Kemasan Demi Kesehatan Warga, AS Berlakukan Pajak Minuman Kemasan
Timses: Elektabiltas Ahok-Djarot Meningkat Tajam Setelah Sidang Timses: Elektabiltas Ahok-Djarot Meningkat Tajam Setelah Sidang
Cegah Perut Kembung dengan Tujuh Jurus Ini Cegah Perut Kembung dengan Tujuh Jurus Ini

#Jakarta #bahaya minuman soda #Minuman Soda #minuman bersoda #tips kesehatan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar