Sindiran untuk Pemerintah, Apakah APBN Cukup Pindahkan Ibu Kota?

Bendera Indonesia (Foter/nathanh100)

Arah - Pengamat Politik dan Tatanegara dari Universitas Parahyangan (Unpar), Asep Warlan Yusuf mangatakan perpindahan ibu kota Indonesia ke daerah lain belum mencapai kata layak. Ia lantas menanyakan bagaimana APBN menanggulanginya.

"Pertanyaannya apakah APBN kita cukup mampu untuk membangun (perpindahan) itu? Kalau ternyata kita sanggup (pindah), saya setuju saja pindah ke Kalimantan ," Kata Asep saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Jumat (7/7).

Dengan hutang negara yang cukup besar saat ini, rencana memindahkan ibukota negara itu akan menimbulkan pertanyaan yang besar, karena harus siap dengan pembangunan kantor serta sarana pendukungnya yang dapat menghabiskan triliun rupiah. Menurutnya, pemindahan kantor Kementerian lebih masuk akal.

Baca Juga: Prancis akan Jadi Salah Satu Negara Termahal Bagi Perokok
Serunya Ajang Lari 'Bareng' Banteng di Spanyol

"Misalnya Kementerian Pariwisata di Bali, Kementerian Pendidikan di Bogor atau Kementerian Komunikasi di Bandung. Itu juga bisa membantu kepadatan di Jakarta, jadi enggak abring-abringan kaditu kadieu (rame-rame kesana kemari)," jelasnya.

Cara lain yang dapat ditempuh untuk memecah berpusatnya keramaian di ibukota, Asep menambahkan agar bisa memisahkan ibukota dengan pusat bisnis, seperti yang diterapkan dibeberapa negara.

"Soal bisnis juga jangan terpusat di Jakarta. Tapi bisa di Bekasi atau di Tangerang. Itu lebih realistis, ketimbang ibu kota langsung pindah. Kalau melihat dari beberapa negara lain sebenarnya ibu kota tidak bersatu dengan pusat bisnis," pungkasnya. (Haryanto)

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

SBY Ngetwitt Soal Berita Hoax, Ini Tanggapan Timses Agus-Sylvi SBY Ngetwitt Soal Berita Hoax, Ini Tanggapan Timses Agus-Sylvi
Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan Polisi Sebut Habib Rizieq Banyak Menyangkal Selama Pemeriksaan
Survei Poltracking: Ahok Tetap Sandang Predikat Cagub Ter... Survei Poltracking: Ahok Tetap Sandang Predikat Cagub Ter...

#Pemindahan Ibu Kota #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar