Legenda Munich Minta Pemain Indonesia Berlatih dengan Klub Eropa

Bayern Munchen. (Flickr/Tim Wang)

Arah -  Pemain legendaris klub sepak bola Jerman FC Bayern Muenchen, Giovane Elber, meminta klub-klub di Indonesia tidak ragu memberikan kesempatan bermain kepada pemain muda agar mereka dapat mengembangkan diri.

"Buka pintu sebesar-besarnya bagi pemain muda, termasuk biarkan mereka berlatih dengan tim-tim besar Eropa jika ada kesempatan," ujar Elber dalam perbincangan di sela-sela kunjungannya di Jakarta, Sabtu (8/7).

Menurut pria yang kini berusia 44 tahun tersebut, kebijakan itu akan semakin membuka peluang pemain Indonesia untuk bermain di liga top Eropa, seperti Bundesliga Jerman.

Cara serupa, dia melanjutkan, diterapkan oleh negara-negara seperti Jepang dan Korea Selatan yang rutin menempatkan para pesepak bolanya di Liga Jerman.

Sebut saja Heung-min Son, pesepak bola Korea Selatan yang di usia belasan tahun membela klub Hamburger SV, berlanjut ke Bayern Leverkusen di usia ke-21 tahun dan saat ini dia menjelma menjadi pemain andalan tim papan atas Liga Inggris, Tottenham Hotspur.

Selain Son, ada pula nama-nama pemain dari Negeri Ginseng lain seperti Dong-Won Ji dan Ja-Cheol Koo, yang juga mengembangkan potensinya di Liga Jerman.

Kemudian dari Jepang terdapat sosok seperti Shinji Kagawa, Atsuto Uchida, Yoshinori Muto dan Shinji Okazaki yang besar bersama klub-klub Jerman.

"Selain membuka kesempatan kepada pemain muda untuk mengembangkan potensi, negara seperti Jepang dan Korea Selatan juga memiliki kompetisi usia muda berjenjang yang baik di kelompok-kelompok umur," kata Elber dilansir Antara.

Baca Juga: Bikin Bangga, Jagoan Ahmad Dhani-Maia Naik Gunung Tertinggi
Merinding! Dari Perut Kanguru Mati Ini Muncul Lambaian Tangan

Giovane Elber sendiri merupakan pemain asal Brazil yang namanya harum di Liga Jerman. Selama kiprahnya di Liga Jerman, dia sempat membela VfB Stuttgart pada 1994-1997 dan selanjutnya, yang terlama, bersama Bayern Muenchen pada 1997-2003.

Di Liga Jerman, dia merupakan salah satu pemain asing dengan koleksi gol terbanyak yaitu total 132 gol dari 252 laga, di mana sebanyak 92 gol dan 169 pertandingan di dalam catatan itu dibuat untuk Bayern Muenchen.

Selama berkarier, Elber yang kini menjadi duta Bayern Muenchen itu memberikan empat gelar liga, empat trofi Piala Liga Jerman, satu gelar Liga Champions dan satu trofi Piala Dunia Antar-klub.

Video Trending Pilihan Redaksi:

Berita Terkait

Bayern Munich Terkejut Dengan Kabar Pensiun Philipp Lahm Bayern Munich Terkejut Dengan Kabar Pensiun Philipp Lahm
Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu! Rizieq Dilabeli Status Tersangka, Polri: Tinggal Nunggu Waktu!
Polri Dianggap Bisa Kewalahan Jika Rizieq Dikriminalisasi Polri Dianggap Bisa Kewalahan Jika Rizieq Dikriminalisasi

#Bayern Munich #Pemain Indonesia #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar