Ditemukan!Kadal Berusia 23 Juta Tahun Lalu Terjebak di Dalam Batu

Ditemukan fosil kadal berusia 23 juta tahun lal (Huffpos)

Arah -  Tim ilmuwan Meksiko menemukan fosil lengkap dari kadal yang hidup sekitar 23 juta tahun lalu, terperangkap di dalam batu amber yang dibuat oleh zat tanaman pada zaman kuno.

Saat ini, tim ilmuwan sedang mempelajari fosil kadal yang ditemukan di desa Simojovel, Chiapas, di bagian selatan Meksiko, dilansir Fox News, Minggu (9/7).

Menurut Francisco Riquelme dari National Autonomous University of Mexico Physics Institute, kadal itu berukuran panjang 4,5 cm dan lebarnya 1,3 cm.

"Berkat batu amber kadal itu mampu mempertahankan sisa-sisa jaringan lunak dan kulitnya," kata Riquelme.

Baca Juga: Deretan Kapal Perang Buatan Indonesia Bikin Negara Tetangga Ciut
5 Fakta 'Kiamat' di Bumi Sudah di Depan Mata

Sementara, menurut Gerardo Carbot, Direktur Chiapas's Paleontology Museum, spesimen fosil kadal itu diperkirakan berumur 23 tahun lalu.

"Itu diketahui dari usia batu amber yang biasa ditemukan di desa Simojovel, Huitihupan, El Bosque, Pueblo Nuevo, Palenque, Totolapa dan Malpaso," kata Carbot.

Batu amber memang sering ditemukan berisi sisa-sisa tumbuhan dan hewan, tapi jarang ditemukan dalam versi lengkap. Seperti yang terjadi pada kadal yang diidentifikasikan sebagai spesies baru dari genus Anolis.

Amber merupakan zat yang diproduksi oleh pohon pada zaman kuno. Bentuknya keras, transparan, berwarna coklat kekuningan, dan biasa dijadikan perhiasan.

Jangan sampai terlewatkan berita aneh terbaru dari arah.com

Video Trending Pilihan Redaksi:

----

Berita Terkait

Temuan Fosil Ikan Purba Ungkap Asal Usul Kaki Manusia? Temuan Fosil Ikan Purba Ungkap Asal Usul Kaki Manusia?
Ngeri! Ditemukan Fosil Buaya Bergigi T-rex di Madagaskar Ngeri! Ditemukan Fosil Buaya Bergigi T-rex di Madagaskar
Menakutkan, Ditemukan Spesies Dinosaurus Baru Bertanduk Panjang Menakutkan, Ditemukan Spesies Dinosaurus Baru Bertanduk Panjang

#Penemuan Fosil #fosil #Kadal Raksasa #Hewan Purba #Meksiko #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar