Sebenarnya Berapa Kilometer Kedalaman Laut?

Ilustrasi Kura kura hijau satwa langka di pulau Bu Tinah. (Wikimedia)

Arah - Semenjak manusia diciptakan sebagai makhluk darat, laut dan samudra menjadi dunia yang misterius dan menarik untuk dipelajari.

Terlebih lagi samudra, terhampar dalam biru yang sangat luas menguasai 71 persen permukaan Bumi dan menciptakan pertanyaan besar.

Seberapa dalam dasar samudra yang sebenarnya?

Saat ini, manusia masih berusaha meneliti dasar landasan samudra untuk lebih banyak menggali pengeutahuan tentang samudra itu sendiri.

Hingga sedalam 12.000 kaki atau sekitar 3,5 kilometer dasar landasan samudera itu diliputi oleh selapisan lumpur yang lembut dan lembab.

Lumpur ini terjadi dari zat kapur bekas tulang-belulang binatang laut yang kecil-kecil.

Landasan dasar laut yang dalam, yang nampaknya lebih biru gelap, pada kedalaman lebih dari empat mil, diliputi oleh semacam "tanah liat merah" yang lembut, halus dan berwarna coklat bagaikan warna karat besi.

Cara mengukur kedalaman laut dan samudra sekarang ini adalah dengan mengirimkan gelombang bunyi ke bawah, yang oleh dasar landasan laut bunyi itu dipantulkan kembali ke atas.

Ukuran tingginya ke dalam laut itu dapat diketahui dari berapa lamanya gelombang bunyi itu melakukan perjalanan itu pulang pergi. Hasilnya, akan diambil dari jumlah jarak yang ditempuhnya itu lalu dibagi dua.

Baca Juga: Bagai Kota Atlantis, Ini Penampakan Kota Bawah Laut Ala China
Penasaran? Begini Rasa Wine Disimpan di Bawah Laut

Saksikan videonya di halaman selanjutnya.

Berita Terkait

Ini Janji Garda Bangsa kepada Kapolri Ini Janji Garda Bangsa kepada Kapolri
Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor Soal Tudingan 'Palu Arit', Rizieq Masih Berstatus Saksi Terlapor
Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq Perang Berlanjut, Sukmawati Ogah Tanggapi Ajakan Mediasi Rizieq

#Laut Indonesia #Laut Atlantik #Jakarta

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar