Cari-cari Lahan di Luar Batang, Ahok Ingin Bangun Rusun

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (arah.com/Helmi Shemi)

Arah - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan keinginannya membeli lahan apartemen untuk dijadikan rumah susun (rusun) di kawasan Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Nah, kita lagi minta, ada nggak tanah-tanah sekitar situ yang bisa kami beli," kata Ahok—sapaan Basuki—saat ditemui di Keluruahan Cilandak, Jakarta, Kamis (19/5/2016).

Rencana dia, rusun tersebut akan diperuntukkan bagi warga Luar Batang. "Karena kan orang sana maunya tinggal deket situ," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Jakarta Ika Lestari Aji mengatakan, rusun tersebut bisa saja ditempati warga Pasar Ikan dan Akuarium yang menjadi korban gusur bulan lalu.

"Target utamanya untuk masyarakat Luar Batang. Namun, kami belum tahu ke depannya seperti apa. Jika ada yang tersisa, jika masyarakat (Pasar Ikan dan Akuarium) mau tinggal, ya silakan," kata Ika pada arah.com.

Sementara Ahok mengisyaratkan menolak jika rusun tersebut diperuntukkan untuk masyarakat Pasar Ikan dan Akuarium.

"Oh enggak, itu tergantung. Kita ini ada keterlambatan puluhan tahun membangun rumah susun. Rumah susun yang dibangun dulu pun banyak dijualbelikan. Nah, kita jadi ketinggalan," jelas Ahok.

Pembangunan rusun Luar Batang pun direncanakan akan seperti rusun di Daan Mogot dan Muara Baru.

"Kalau sudah jadi, seperti yang di Daan Mogot, mungkin tahun ini akan bangun tujuh tower, 23 lantai. Nanti kalau sudah jadi buat siapa? Yang tinggal di Daan Mogot akan kami tawari, mau nggak tinggal di tempat yang lebih bagus? Kalau dia mau, ya dia pindah," jelas Ahok.

Lebih lanjut, dia menuturkan, proses pembangunan rusun ini masih menunggu rampungnya tanggul National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) A, yang terdapat di Muara Baru.

"Di Muara Baru diperkirakan terdapat 12 hektar tanah yang dapat digunakan," pungkasnya. (Helmi Shemi)

Berita Terkait

MUI: Kita akan Pertahankan Kampung Luar Batang MUI: Kita akan Pertahankan Kampung Luar Batang
Ahok: Beli Rumah Warga Luar Batang, Tanahnya Diwakafkan ke Masjid Ahok: Beli Rumah Warga Luar Batang, Tanahnya Diwakafkan ke Masjid
Sekda DKI Bantah Bawa Uang Rp1 Miliar ke Luar Batang Sekda DKI Bantah Bawa Uang Rp1 Miliar ke Luar Batang

#Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) #Pemprov DKI Jakarta #Kampung Luar Batang #Luar Batang #Warga Pasar Ikan #Penggusuran Pasar Ikan

Ingin informasi lebih, follow dan Like

Komentar